Flyover Kopo Beroperasi, Kota Bandung Akan Bangun 3 Flyover Tambahan: Flyover Nurtanio, Ciroyom, dan Buahbatu

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:27 WIB
Setelah Flyover Kopo, akan ada Flyover Nurtanio, Flyover Ciroyom, dan Flyover Buahbatu di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Setelah Flyover Kopo, akan ada Flyover Nurtanio, Flyover Ciroyom, dan Flyover Buahbatu di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Flyover Kopo resmi beroperasi mulai 1 Oktober 2022. Rencananya akan dibangun lagi Flyover Nurtanio, Flyover Ciroyom, dan Flyover Buahbatu di Kota Bandung.

Flyover Kopo dibangun dengan anggaran Rp288,76 miliar sempat beberapa kali mengalami penundaan, hingga pada akhirnya beroperasi setelah difungsionalisasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta jajaran Kementerian PUPR.

Selanjutnya, Kota Bandung akan kembali melakukan pembangunan 2 flyover yang didanai dari 2 Kementerian berbeda usai Flyover Kopo beroperasi. Di antaranya pembangunan Flyover Ciroyom yang didanai dari Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Truk Muatan Kaca Terguling di Kota Bandung, Polisi: Karena Kelebihan Muatan

Di wilayah inilah nantinya akan dibangun flyover sepanjang 735 meter sebagai upaya mengatasi lonjakan kendaraan yang terjadi saat KCJB beroperasi.

Sementara flyover lain yang akan dibangun yaitu Flyover Nurtanio yang membentang dari Jalan Abdurahman Shaleh hingga Jalan Garuda yang didanai oleh Kementerian PUPR.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Provinsi Jawa Barat Dedy Hariadi mengungkapkan, saat ini pihaknya mulai melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan Flyover Nurtanio di Kota Bandung.

"Flyover Nurtanio ini akan berdiri di Jalan Abdul Rahman Saleh hingga Jalan Garuda, dan melintasi jalur kereta api. Pembebasan lahan tahun ini. Ini lagi proses appraisal untuk penetapan lokasi," kata Dedy Hariadi, Rabu 5 Oktober 2022.

Baca Juga: Sepekan Uji Coba, Warga Keluhkan Macet di Bawah Flyover Kopo

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X