Pemprov Jabar Bidik Destinasi Wisata Priangan Timur dan Jabar Selatan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:56 WIB
 Kadisbudpar Jabar, Benny Bachtiar.  ((Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan))
Kadisbudpar Jabar, Benny Bachtiar. ((Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan))

 

SUKASARI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) tengah membidik wilayah Priangan Timur dan Jabar Selatan untuk kepentingan destinasi wisata. Priangan Timur dan Jabar Selatan dinilai menjadi wilayah yang sejauh ini masih belum optimal dalam hal destinasi wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jabar, Benny Bachtiar mengatakan bahwa pihaknya tengah mengakselerasi pemerataan destinasi wisata di Jabar. Sejauh ini, Priangan Timur dan Jabar Selatan dinilai wilayah potensi untuk membuka destinasi wisata baru di Jabar.

"Hari ini destinasi wisata belum merata. Kami sekarang sedang berfikir bagaimana membangun Cirebon raya dan Priangan timur sehingga nanti dari sisi destinasi wisatanya akan bertambah, termasuk Jabar Selatan," kata Benny di UPI Bandung, Jalan Setiabudhi Kota Bandung, Selasa 4 Oktober 2021.

Baca Juga: Ketika Mahasiswa dari Luar Pulau Jawa Belajar Tentang Tangga Budaya di Desa Wisata Cinunuk

Pemprov Jabar telah berkoordinasi dingan kepala daerah setempat untuk penggarapan destinasi wisata di Jabar Selatan. Koordinasi tersebut dilakukan, sebagai bentuk tidak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 terkait pengembangan Kawasan Rebana dan Jabar Selatan.

Secara konsep dan kajian, penggarapan destinasi wisata Jabar Selatan tengah dalam proses pematangan.

"Jadi mereka sudah sepakat untuk segera membuat konsepnya didalam kajian-kajian teknis. Dan dari kajian-kajian itu kita bisa tindak lanjut untuk pembangunannya. Sehingga, kita sedang kebut hari ini," tegasnya.

Di sisi lain, Benny menambahkan bahwa tren minat wisatawan tengah berjalan baik di Jabar. Hal itu dilakukan dari tingkat keterisian hotel yang mendekati 90 Persen.

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Gempa Cianjur : Korban Jiwa Bertambah

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:53 WIB

Hore, UMK Kabupaten Bandung 2023 Naik 10 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:27 WIB
X