Pengamat Pendidikan: Koperasi Sekolah Dilarang Jual Seragam secara Paksa

- Jumat, 30 September 2022 | 17:29 WIB
Aktivitas jual beli seragam sekolah | Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia menyebut koperasi sekolah tidak boleh menjual seragam secara memaksa kepada siswa. (Ayobandung.com/Algifari Tohaga Abdillah)
Aktivitas jual beli seragam sekolah | Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia menyebut koperasi sekolah tidak boleh menjual seragam secara memaksa kepada siswa. (Ayobandung.com/Algifari Tohaga Abdillah)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Cecep Darmawan, menyebut koperasi sekolah tidak boleh menjual seragam secara memaksa kepada siswa.

Cecep mengatakan, larangan sekolah menjual seragam atau buku kepada siswa diatur dalam Permendikbud berkaitan dengan masalah tersebut.

"Ada aturannya dalam Permendikbud yang intinya sekolah dilarang memperjualbelikan barang, baik seragam maupun buku," ujar Cecep, Jumat, 30 September 2022.

Bahkan untuk seragam khusus sekolah, seperti batik dan lainnya juga tidak diperkenankan diperjualbelikan oleh pihak sekolah.

Baca Juga: Ridwan Kamil Rangkul Rizky di Gedung Sate, Seragam Lusuh jadi Alasan Dirundung Teman Sekelas

Praktik jual beli seragam atau buku juga tidak bisa dilakukan oleh koperasi sekolah.

"Koperasi kan masih bagian dari sekolah, makanya bagusnya pihak ketiga saja yang menjualnya atau mengelola. Sebaiknya dihindari yang seperti itu (mejual seragam atau buku) di sekolah," katanya.

Kalaupun ada perlengkapan sekolah yang harus dibeli oleh siswa, seharusnya tidak ada unsur pemaksaan. Melainkan siswa diperbolehkan membeli di tempat lain dengan harga yang kompetitif.

Baca Juga: Geram, Bupati Bandung Akan Sanksi SMP yang Menjual Seragam secara Paksa

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hore, UMK Kabupaten Bandung 2023 Naik 10 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:27 WIB

Musim Hujan, Kabupaten Bandung Siaga Darurat Bencana

Senin, 28 November 2022 | 17:59 WIB

Bupati Bandung Klaim Tidak Ada PHK Massal Selama 2022

Kamis, 17 November 2022 | 17:10 WIB

19,5 Ton Kopi Kabupaten Bandung Diekspor Ke Prancis

Kamis, 17 November 2022 | 16:33 WIB
X