Pemprov Jabar Sediakan 55 Ribu Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

- Rabu, 28 September 2022 | 17:20 WIB
Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) drh. Indriantari. (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)
Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) drh. Indriantari. (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

 

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyediakan 55 Ribu dosis vaksin rabies gratis bagi masyarakat Jawa Barat. Vaksin rabies gratis itu diprioritaskan bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan yang rentan terinfeksi maupun penyebar virus rabies seperti Anjing, Kucing, dan Musang.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) drh. Indriantari mengatakan pihaknya akan mendistribusikan vaksin rabies ke seluruh Kabupaten maupun Kota di Jawa Barat lewat 'Jabar Kick Out Rabies 2022'.

Mereka yang ingin mendapat vaksin rabies gratis tersebut bisa mendatangi pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di wilayah setempat.

Baca Juga: Peringatan Hari Rabies, Wagub Jabar Sebut Vaksin dan Obat Rabies Gratis

"Kita punya puskeswan di Kabupaten kota. Jadi untuk rabies gratis di akan digelar dipuskeswan," kata Indriantari di Kota Bandung, Rabu 28 September 2022.

DKPP melalui Puskeswan juga menggelar operasi 'jemput bola' untuk mengakselerasi capaian vaksinasi rabies terhadap hewan penular rabies (HPR) di Jawa Barat.

"Seperti Di Cimahi, justru mereka datang, door to door, karena memang kita ngejar target supaya capaian vaksinasi (rabies) bisa sampai 70 persen dari populasi HPR yang ada," tuturnya.

Sejauh ini, capaian vaksinasi rabies di Jawa Barat telah mencapai 68 persen dari total populasi HPR yang tercatat di Puskeswan. Sejauh ini, akselerasi vaksinasi rabies masih berjalan lambat karena diberikan sekali dalam satu tahun.

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Merendam Dayeuhkolot Setinggi 1 Meter

Minggu, 4 Desember 2022 | 13:59 WIB
X