Peringatan Hari Rabies, Wagub Jabar Sebut Vaksin dan Obat Rabies Gratis

- Rabu, 28 September 2022 | 16:19 WIB
Peringatan Hari Rabies Sedunia 28 September, Wagub Jabar akan beri vaksin rabies diberikan secara gratis di Jawa Barat (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Peringatan Hari Rabies Sedunia 28 September, Wagub Jabar akan beri vaksin rabies diberikan secara gratis di Jawa Barat (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Hari Rabies Sedunia diperingati setiap tanggal 28 September dalam setiap tahunnya. Dalam momen itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) UU Ruzhanul Ulum menyebut bahwa vaksin rabies diberikan secara gratis di Jawa Barat.

Tak hanya vaksin gratis bagi satwa, obat rabies juga diberikan secara gratis bagi warga yang terinfeksi rabies.

"Pemerintah menggratiskan vaksin (rabies). Kemudian obat yang kena atau digigit anjing rabies, ini disetiap puskesmas sudah ada obatnya, sudah siap. Itu sudah digratiskan," kaya pria yang kerap disapa Pak UU itu Cihampelas Walk (Ciwalk) Bandung, Jalan Cihampelas Kota Bandung, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Cegah Penyakit Rabies dari Hewan Peliharaan, Dispernakan KBB Siapkan 2.000 Dosis Vaksin  

Pak UU mengungkapakan, antusias warga dinilai terus meningkat dalam memelihara satwa. Menurutnya, hal itu harus diimbangi dengan kesadaran untuk melakukan vaksinasi terhadap satwa yang berpotensi terinfeksi maupun penyebar rabies.

"Sekarang masyarakat banyak yang memelihara satwa dari mulai kucing, anjing, atau pun kelinci dan yang lainnya. Kita bisa lihat hari Minggu kalau orang sedang santai berjalan dengan keluarga dan yang lainnya banyak yang menuntut hewan. Di kantong, di belakang, di motor, dituntun. Oleh karena itu kesadaran vaksin rabies penting," ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Gigitan Hewan Rabies Masih Ancaman, Program Vaksinasi Digenjot

Eks Bupati Tasikmalaya itu menegaskan, infeksi virus rabies harus terus diwaspadai oleh pemelihara hewan. Sosialisasi terhadap pentingnya vaksin rabies tidak boleh hanya mengandalkan pemerintah.

"Masyarakat Jawa Barat khususnya harus menyadari akan pentingnya hewan sehat. Karena hewan yang berpenyakitan, itu akan mudarat. Bukan hanya para pemilik, tetapi juga bagi lingkungan sekitar. ucapnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X