Habitat Terus Terancam, Puluhan Monyet Turun Gunung ke Pemukiman Warga Kertawangi KBB

- Selasa, 27 September 2022 | 16:01 WIB
Seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) saat berada di Gunung Hawu, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 21 Desember 2021. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) saat berada di Gunung Hawu, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 21 Desember 2021. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Tergerusnya habitat monyet di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengakibatkan hewan ini kerap turun gunung mencari makan ke pemukiman warga.

Hewan ini hampir setiap hari masuk ke rumah warga di Kampung Cisarua, RT 03 RW 06, Desa Kertawangi. Binatang ini mencari celah lewat jendela, ventilasi, hingga atap rumah untuk menjarah makanan.

"Betul, ini karena kondisi mereka lapar tak menemukan makanan di habitatnya. Biasanya monyet ini masuk pemukiman pagi hari," kata Kepala Desa Kertawangi, Yanto Bin Surya alias Steve Ewon saat dihubungi, Selasa 27 September 2022.

Baca Juga: Ciri-ciri Cacar Monyet Hampir sama dengan Covid-19? Ini Pencegahan yang Bisa Dilakukan!

Ewon menerangkan, puluhan monyet itu berasal dari daerah hutan di sekitar Curug Pelangi. Dulu mereka tak pernah masuk ke pemukiman penduduk lantaran pasokan makanan di hutan masih terjamin. Namun, sejak 10 tahun terakhir, binatang itu mulai turun gunung.

"Sejak dulu monyet-monyet tersebut sudah ada di situ karena memang ada habitatnya di hutan," tambahnya.

Untuk mencegah kawanan monyet itu tidak terus masuk ke permukiman, pihaknya atas nama pemerintah desa akan menanam tanaman buah di kawasan Curug Pelangi agar sumber makanan monyet tersebut bisa bertambah lagi.

Baca Juga: Kawanan Monyet Masuk Sekolah di KBB, Susah Cari Makan dan Habitat Asli Terancam

"Kami juga akan mengedukasi masyarakat dan langkah yang paling penting menyiapkan sumber makanan bagi monyet. Misalnya, menanam tanaman buah di sekeliling hutan atau di habitatnya," ujarnya.***

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 15:56 WIB
X