Kendalikan Inflasi Akibat Kenaikan BBM, Bandung Barat Intensif Pantau Aktivitas Ekonomi

- Selasa, 27 September 2022 | 14:48 WIB
Aksi tolak kenaikan harga BBM di Bandung | Angka inflasi di Jawa Barat diprediksi akan menembus angka 5 Persen dampak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak). (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Aksi tolak kenaikan harga BBM di Bandung | Angka inflasi di Jawa Barat diprediksi akan menembus angka 5 Persen dampak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan intensif memantau seluruh kegiatan ekonomi guna antisipasi potensi lonjakan inflasi pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB akan mendata secara berkala besaran harga serta ketersediaan pasokan untuk sektor barang maupun jasa. Dari seluruh aktivitas ekonomi ini, kebutuhan pokok dan energi jadi fokus utama pemantauan lantaran jadi bidang paling vital.

"Kita akan lebih intensif lagi untuk memonitor perkembangan harga, memperlancar distribusi barang, dan menjamin ketersediaan barang. Seluruh sektor kita monitor, paling utama tentu kebutuhan pokok masyarakat dan energi, karena ini vital dan paling dibutuhkan," terang Kadisperindag KBB, Ricky Riyadi, Selasa 27 September 2022.

Baca Juga: Ada Beras Gratis di Festival Jajanan Murah Bandung, Saat Harga BBM Naik

Dengan adanya pemantauan secara intensif, pihaknya bakal tahu komoditi apa saja yang melonjak di pasaran. Termasuk faktor penyebab kenaikannya. Sehingga, antisipasi lebih dini bakal mudah dilakukan karena sudah diketahui akar masalahnya.

"Angka inflasi ini kan bisa naik karena kenaikan harga. Nah pemicu kenaikan harga ini banyak faktonya. Oleh karena itu kita pantau apa penyebab kenaikannya, sehingga tatkala sudah diketahui, mudah untuk cari solusi," papar Ricky.

Ricky mengeklaim, harga komoditi bahan pokok masih relatif stabil pasca kenaikan BBM. Ia menjelaskan, selama ini faktor kenaikan harga justru sering disebabkan karena pasokan barang.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Antrean Kendaraan di SPBU malah Meningkat dan Isu Pertalite Makin Boros

"Sekarang masih stabil. Beberapa yang naik signifikan biasanya karena permintaan banyak, stoknya sedikit, sehingga ada kenaikan harga. Untuk dampak BBM belum pengaruh," tandasnya.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 15:56 WIB
X