Spillway Waduk Saguling Dibuka, Debit Air di Citarum Tak Alami Peningkatan Signifikan

- Senin, 26 September 2022 | 15:14 WIB
Pembukaan Spillway Waduk Saguling Tak Berdampak pada Peningkatan Debit Citarum  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pembukaan Spillway Waduk Saguling Tak Berdampak pada Peningkatan Debit Citarum (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Pembukaan pintu air (spillway) Waduk Saguling, di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Minggu, 25 September 2022. Hal ini tak berdampak signifikan pada debit air sungai Citarum.

Volume air yang keluar dari tiga pintu waduk tak sebesar prediksi awal, lantaran lebar pintu yang dibuka hanya 10 centimeter. Selain itu, waktu pembukaan tak lebih dari lima menit.

Jadi saat dibuka, air yang keluar hanya masuk ke dalam kolam olah (bangunan peredam air) sehingga aliran air yang kembali ke Citarum Lama juga sangat kecil.

Baca Juga: Derita Nelayan di Perairan Waduk Saguling KBB Setelah BBM Naik

"Tidak ada dampak, dikarenakan arus alir yang keluar sangat kecil dan pintu air dibuka hanya sebentar sekitar 2 menit," kata Manager Sipil dan Lingkungan, PT Indonesia Power Saguling POMU, Novi Haryanto saat dihubungi, Senin 26 September 2022.

Sebelumnya, pembukaan spillway ini sempat menimbulkan kekhawatiran akan menimbulkan dampak terhadap infrastruktur yang ada di aliran Sungai Citarum lama.

"Alhamdulillah kemarin Minggu, sekitar pukul 11.00 WIB spillway dibuka. Semuanya berjalan aman, lancar, dan terkendali," terang Novi.

Baca Juga: Pintu Air Waduk Saguling KBB Dibuka, 9 Objek Wisata di Citarum Tutup Sementara

Novi mengatakan pembukaan pintu air waduk dilakukan sebagai uji rutin ketahanan kontruksi bangunan waduk Saguling dalam operasi PLTA. Langkah ini mesti dilakukan guna mastikan keandalan waduk dalam memasok listrik bagi wikayah Jawa dan Bali.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 15:56 WIB
X