Pemprov Jabar Bersurat ke Kemenhub Minta Pesawat Jet dan Propeller Kembali Ke Bandara Kertajati

- Minggu, 25 September 2022 | 14:53 WIB
[Ilustrasi]  Pemprov Jawa Barat tengah melobi pemerintah pusat untuk mengalihkan pesawat jet dan Propeller kembali melandas di Bandara Kertajati (Angkatan Udara Spanyol)
[Ilustrasi] Pemprov Jawa Barat tengah melobi pemerintah pusat untuk mengalihkan pesawat jet dan Propeller kembali melandas di Bandara Kertajati (Angkatan Udara Spanyol)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tengah melobi pemerintah pusat untuk mengalihkan pesawat jet dan Propeller kembali melandas di Bandara Kertajati.

Hal itu sebagai langkah pengotimalan Bandara Kertajati pasca Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka akses angkutan umrah dan haji.

Bahkan, Pemprov Jabar tengah mengupayakan agar Bandara Kertajati berfungsi untuk angkutan komersial.

Baca Juga: Indonesia Boyong 6 Pesawat Jet dari Korea Selatan Rp 3,4 Triliun

"Ya (untuk penerbangan komersil) Karena saat ini kita sudah mengirimkan surat juga menteri perhubungan bahwa untuk pesawat-pesawat jet dan propeller yang tadinya mendarat di Husein Sastranegara itu dikembalikan ke Kertajati," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja di Kota Bandung, Minggu 25 September 2022.

Setiawan mengungkapkan, Bandara Kertajati pernah mengakomodir penerbangan komersial jet sebelumnya akhirnya terhenti karena Pandemi Covid-19.

"Sebelumnya memang kertajati sudah diberikan untuk mendaratkan pesawat-pesawat jet maupun propeller. Cuman karena Covid kemarin kemudian dibalikin lagi ke Husein dan sekarang kami minta balikan lagi ke Kertajati," ungkapnya.

Baca Juga: Resmi! Kemenhub Naikan Tarif Ojol Mulai 10 September Imbas Harga BBM Naik: Di Jabar Bisa Capai Rp10 Ribu

Setiawan menambahkan, rencana Kemenhub membuka layanan di Bandara Kertajati tidak melesat dari dari jadwal yang telah ditentukan yaitu pada November 2022.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X