Diproyeksikan Jadi Kota Wisata, Kawasan Lembang KBB akan Dibenahi dengan Dana Rp100 Miliar

- Jumat, 23 September 2022 | 19:32 WIB
Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal memproyeksikan kawasan Lembang menjadi salah satu Kota Wisata di Jawa Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal memproyeksikan kawasan Lembang menjadi salah satu Kota Wisata di Jawa Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal memproyeksikan kawasan Lembang menjadi salah satu Kota Wisata di Jawa Barat.

Untuk mendukung hal itu, sejumlah penataan bakal dilakukan. Mulai dari alun-alun, ruang teebuka hijau, drainase, hingga trotoar.

Tak tanggung-tanggung dana sebesar Rp100 miliar akan dikucurkan pada tahun 2023 guna merealisasikan penataan itu. Saat ini tahapan penataan baru sampai tingkat penyusunan Detail Engineering Design (DED).

"Untuk penataan Kota Lembang butuh anggaran sekitar Rp 100 miliar. Anggarannya berasal dari APBD Provinsi Jabar dan APBD KBB. Insyaallah jika tidak ada hambatan, pengerjaan sudah bisa dilaksanakan akhir tahun ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB Rachmat Adang Safaat, Jumat 23 September 2022.

Baca Juga: Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Penataan kawasan Lembang dilakukan sebagai dukungan kenyamanan bagi wisatawan dan upaya pencegahan bemcana banjir.

Oleh karena itu normalisasi drainase menjadi prioritas karena drainase di Kota Lembang belum berfungsi dengan baik.

"Salah satu persoalan yang dihadapi Kota Lembang adalah banjir. Sehingga manakala terjadi hujan, air meluap ke jalan. Tentunya ini bisa menjadi citra buruk bagi Lembang yang menjadi daerah tujuan wisata," ujar Rachmat.

Baca Juga: Bansos Anak Yatim Rp200 Ribu di Bandung Barat Tunggu Petunjuk Pusat

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X