Viralnya Kerusakan Gedung Merdeka Jadi Pembelajaran Bagi Pengelola

- Jumat, 23 September 2022 | 19:02 WIB
Kondisi Gedung Merdeka Rusak dan Bocor Viral di Medsos, Ini Kata Kepala Museum (Kolase tangkapan layar)
Kondisi Gedung Merdeka Rusak dan Bocor Viral di Medsos, Ini Kata Kepala Museum (Kolase tangkapan layar)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Rusaknya Gedung Merdeka mendapat sorotan publik. Banyak kalangan yang menyayangkan rusaknya bangunan Cagar Budaya Golongan A tersebut.

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Bandung telah merekomendasikan perbaikan bangunan Gedung Merdeka dengan nomor 029/TACB/VIII/2022.

Dalam pengamatan TACB Kota Bandung, kerusakan relatif lebih parah terjadi pada unsur atap dan penunjang bagian bangunan yang berada di sisi barat bangunan Gedung Merdeka. Masa pakai unsur-unsur kayu konstruksi penunjang atap sudah mencapai masa akhirnya.

Baca Juga: Renovasi Gedung Merdeka Telan Dana 4,1 M

TACB Kota Bandung berkesimpulan bahwa konstruksi kuda-kuda penopang atap sudah tidak sesuai dengan norma teknis yang berlaku saat ini di Indonesia, yaitu SNI nomor 7973-2013 tentang Spesifikasi Design Konstruksi Kayu.

"TACB Kota Bandung merekomendasikan untuk mengganti semua kuda-kuda konstruksi penunjang atap untuk bangunan yang mempunyai atap sendiri yang berada di sisi barat komplek Gedung Merdeka dengan konstruksi kuda-kuda rangka batang berbahan plat siku besi," begitu tertulis dalam surat rekomendasi TACB Kota Bandung.

Sementara itu, pegiat dari Komunitas Aleut, Ariono Wahyu Widjajadi mengatakan proses renovasi bangunan cagar budaya memiliki prosedur dan aturan khusus. Diperlukan tahapan-tahapan panjang hingga sampai pada izin renovasi.

"Status bangunan cagar budaya itu memang harus dikonsultasikan kalau ada apa-apa dengan tim ahli cagar budaya dan itu sudah ada penjelasan dari pihak gedung merdeka (terkait proses renovasi)," kata Ariono saat dihubungi, Jumat 23 September 2022.

Baca Juga: Kondisi Gedung Merdeka Rusak dan Bocor Viral di Medsos, Ini Kata Kepala Museum

"Gedung Merdeka itu Bangunan Cagar Budaya kategori A. Dan itu tidak sembarangan harus konsultasi dan diupayakan semirip mungkin," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertama Kali, Kereta Cepat Berjalan di Atas Rel

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:27 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X