Kopi Gununghalu Bandung Barat Tembus Pasar Eropa dan Amerika

- Jumat, 23 September 2022 | 16:19 WIB
Jenis kopi Gununghalu (Arabika) atau Java Preanger Specialty Grade Arabica asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil menembus pasar dunia. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Jenis kopi Gununghalu (Arabika) atau Java Preanger Specialty Grade Arabica asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil menembus pasar dunia. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Jenis kopi Gununghalu (Arabika) atau Java Preanger Specialty Grade Arabica asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil menembus pasar dunia.

Hal ini ditandai dengan ekspor mandiri perdana sebesar 9,1 ton ke negara-negara Eropa, Amerika, dan Timur Tengah, pada Jumat 23 September 2022.

"Alhamdulillah hari ini adalah langkah perdana kopi Gununghalu masuk pasar Eropa, Amerika, dan Timur Tengah. Dulu sudah ekspor tapi undername, sekarang asli pakai bendera sendiri," kata perwakilan petani kopi Gununghalu, Rani Mayasari, saat ditemui usai pelepasan ekspor kopi di Bandung Barat, Jumat 23 September 2022.

Ekspor produk kopi Gununghalu ini jadi sebagai bukti para petani yang berada di pelosok pedesaan untuk bangkit dari krisis ekonomi setelah dua tahun lebih pandemi Covid-19 menyerang tanah air.

Baca Juga: Derita Nelayan di Perairan Waduk Saguling KBB Setelah BBM Naik

Selama pandemi, para petani tidak diam. Mereka menggodok kapasitas dan meningkatkan kualitas kopi dari yang dianggap biasa saja sampai menemukan cara pengolahan yang benar-benar bisa menghasilkan kualitas kopi spesial.

"Jadi dengan peluncuran ekspor yang sekarang disupport oleh Pak Bupati, harapan saya prosesor yang lain pun bisa ikut memulai untuk ekspor produknya sendiri, memproses hasil panennya sendiri, tidak menjual hasil panen cherry kopi mentah ke provinsi lain," ujar Rani.

Rani menyebut, ekspor kopi Gununghalu ini tidak lepas dari dorongan pemerintah yang memudahkan regulasi ekspor.

Baca Juga: Tergusur PLTA Cisokan Ditambah Bangunan Tak Layak, Warga Minta SDN Girimukti KBB Segera Direlokasi

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X