6 Rahasia Olahan Ayam Agar Higienis Dan Sehat

- Jumat, 23 September 2022 | 14:51 WIB
Pedagang ayam potong sedang melayani pembeli. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
Pedagang ayam potong sedang melayani pembeli. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

AYOBANDUNG.COM--Masakan dengan bahan baku ayam dapat ditemui diseluruh belahan dunia, tetapi untuk mendapatkan masakan ayam yang lezat tentu kamu harus membeli ditempat jual ayam yang higienis dan terjamin kulitasnya.

Daging ayam jika tidak di olah dengan baik, tentu akan membuat daging cepat rusak. Sehingga akan mempengaruhi rasa. Untuk itu tentunya anda harus tahu bagaimana mengolah daging ayam agar tetap higienis dan sehat.

Selain itu, daging ayam mentah mengandung bakteri salmonella, E coli dan campylobacter yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara merawat ayam dengan baik agar ayam yang Anda makan tetap bersih, bakteri tidak membahayakan dan tetap enak dan sehat. 

1.Jaga kebersihan 

Kebersihan diri merupakan hal utama yang harus diperhatikan sebelum mengolah makanan. Pastikan untuk selalu dan sering mencuci tangan sebelum memasak. Apalagi setiap kali Anda menyentuh ayam yang sudah dimasak, Anda juga harus mencuci tangan dengan bersih sebelum melanjutkan ke tahap memasak berikutnya. 

Selain kebersihan diri, kebersihan peralatan memasak juga menjadi masalah yang tidak boleh diabaikan. Jangan gunakan peralatan dapur yang kotor. Jika perlu, sebaiknya gunakan air panas untuk memastikan peralatan dapur Anda benar-benar bersih sebelum digunakan. 

  1. Jaga kebersihan ayam 

Menjaga kebersihan ayam adalah hal terpenting sebelum mengubahnya menjadi makanan favorit. Selain baik untuk dikonsumsi, unggas tetap bersih dan memiliki kualitas serta rasa yang terjaga.

Jika berbicara ayam bakar, ada kontroversinya, ada teori bahwa tidak perlu mencuci unggas karena meningkatkan risiko kuman dari air yang digunakan untuk mencuci. Teori lain mengatakan bahwa daging ayam selalu dicuci karena kita tidak benar-benar tahu seberapa bersih daging ayam.

Jangan lupa membersihkannya dengan merica dan memainkan kain khusus. Bagi yang ingin menyimpannya sebelum diolah, ayamnya harus dicuci dulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi makanan lain di lemari es Anda.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertama Kali, Kereta Cepat Berjalan di Atas Rel

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:27 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X