Penundaan Pelantikan Kades Terpilih di Cianjur Ada Kaitan Politik Birokrat? Ini Kata DPMD

- Jumat, 23 September 2022 | 13:36 WIB
Bupati Cianjur H Herman Suherman saat melantik Kades terpilih di salah satu aula desa (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Bupati Cianjur H Herman Suherman saat melantik Kades terpilih di salah satu aula desa (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur membantah adanya rumor pernundaan pelantikan kepala desa terpilih pada Pilkades serentak lalu dikarenakan ada kaitan politik birokrat.

“Tidak ada kaitannya sama politik, murni karena adanya sengketa Pilkades,” tegas Kabid Penataan dan Kerjasama Desa DPMD Cianjur Dendy Kristianto pada ayobandung.com, Jumat 23 September 2022.

Dendy menjelaskan, harus diklarifikasi bukan ditahan-tahan, tapi penundaan jadwal bagi yang terjadi gugatan Pilkades. Apabila dilantik di desa yang bersengketa, dikhawatirkan terjadi konflik antar pendukung.

Baca Juga: Gedung RSPA Cianjur Pertama di Jabar, Momentum Kemitraan Kepolisian

“Demi kondusifitas, jadwalnya ditunda, tetapi tetap bakal dilantil, asalkan tidak lebih dari 30 hari sejak pilkades,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, ada sembilan kades terpilih yang ditunda pelantikannya, lantaran adanya gugatan Pilkades dari calon kades yang kalah.

Tetapi, dari sembilan menyisakan enam kades terpilih yang belum dilakukan pelantikan oleh Bupati Cianjur H Herman Suherman, alasannya masih ada sengketa Pilkades.

Baca Juga: Cemarkan Kejaksaan, Persaja Laporkan Alvin Lim ke Polres Cianjur

Salah seorang kades terpilih yang enggan dituliskan identitasnya mengaku heran dengan penundaan tersebut, sebab dengan dalih apapun termasuk adanya gugatan, tahapan Pilkades termasuk pelantikan tetap berjalan.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X