Jawa Barat Masuk Provinsi Bahagia Paling Rendah di Indonesia

- Kamis, 22 September 2022 | 20:36 WIB
Logo BPS
Logo BPS

AYOBANDUNG.COM--Indeks kebahagiaan provinsi Jawa Barat hanya memiliki poin 70,23.

Dikutip dari laporan indeks kebahagiaan provinsi BPS periode 2017-2021, Jawa Barat masuk di posisi kelima provinsi bahagia paling rendah di Indonesia.

Posisi teratas provinsi bahagia paling rendah antara lain Banten 68,08, Bengkulu 69,74, Papua 69,87, dan Nusa Tenggara Barat 69,98.

Adapun di atas Jawa Barat provinsi dengan indeks kebahagiaan bahagia paling rendah antara lain Nusa Tenggara Timur 70.31, Sumatera Utara 70.57, DKI Jakarta 70.68, Aceh 71,24, dan Sumatera Barat 71,34. 

Dalam laporan BPS yang sama, dipaparkan semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan penduduk yang semakin bahagia. Sebaliknya, semakin rendah nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan penduduk yang semakin tidak bahagia.

Baca Juga: Kejati Jabar Bakal Monitor Kasus Dugaan Korupsi RSUD Parung Bogor

Indeks kebahagiaan  merupakan gambaran umum tingkat kepuasan penduduk terhadap keseluruhan domain kehidupan manusia yang dianggap esensial dengan memperhitungkan pula aspek perasaan dan makna hidup seseorang.

Manfaat indikator kebahagiaan akan menggambarkan tingkat kesejahteraan subjektif terkait beberapa aspek kehidupan yang dianggap esensial dan bermakna bagi sebagian besar penduduk dan masyarakat.

BPS menggunakan 19 indikator yang tercakup dalam 3 dimensi kehidupan yaitu kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia). Masing-masing dimensi penyusun Indeks Kebahagiaan memiliki besaran kontribusi yang berbeda.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMKM Binaan bank bjb Sukses Ekspor Produk ke Luar Negeri

Selasa, 27 September 2022 | 15:53 WIB
X