Bukan Hanya Banyak Tidak Tepat Sasaran, Waktu Juga Jadi Masalah Pemberian BLT

- Rabu, 21 September 2022 | 19:39 WIB
Penyaluran BLT BBM di Bandung | Kepala Desa Mekarmanik,  Kabupaten Bandung, merasa kecewa dengan penyaluran BLT sebagai kompensasi kenaikan harga BBM kepada masyarakat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Penyaluran BLT BBM di Bandung | Kepala Desa Mekarmanik, Kabupaten Bandung, merasa kecewa dengan penyaluran BLT sebagai kompensasi kenaikan harga BBM kepada masyarakat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

CIMENYAN, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Nanang Suryana, merasa kecewa dengan penyaluran BLT sebagai kompensasi kenaikan harga BBM kepada masyarakat.

Menurut Nanang, pemberian BLT menjadikan gejolak di masyarakat karena beberapa penyebab.

"Data yang digunakan berdasarkan data DTKS lama, mungkin data tahun 2010. Kondisinya sekarang sudah berubah," ujar Nanang, Rabu, 21 September 2022.

Di Desa Mekarmanik saja kata Nanang, dari sekitar 605 warga yang mendatap BLT, tidak sedikit yang kurang tepat sasaran, karena sudah adanya perubahan kondisi ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Pintu Air Waduk Saguling KBB Dibuka, 9 Objek Wisata di Citarum Tutup Sementara

"Dulu mungkin betul orangnya kurang mampu. Tapi sekarang sudah mampu, karena masih menggunakan data lama, akhirnya sekarang masih menerima BLT," katanya.

Pun sebaliknya, ada masyarakat yang secara kondisi ekonomi masuk kategori pra sejahtera, namun karena tidak terdata dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), akhirnya tidak mendapat BLT.

Di samping itu, masalah pewaktuan juga menjadi masalah tersendiri.

Baca Juga: Masyarakat Kota Bandung Tak Perlu Datangi Kantor Pos, BLT BBM Diantar ke Rumah jika Penuhi Syarat

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawanan Pengganjal ATM Ditangkap Saat Beraksi

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:47 WIB

Hore, UMK Kabupaten Bandung 2023 Naik 10 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:27 WIB

Musim Hujan, Kabupaten Bandung Siaga Darurat Bencana

Senin, 28 November 2022 | 17:59 WIB
X