Waspada Debit Air Citarum di KBB Akan Meningkat akibat Pintu Waduk Saguling Dibuka

- Rabu, 21 September 2022 | 18:31 WIB
Pintu limpasan air (spillway) Waduk Saguling di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), bakal dibuka, pada Sabtu nanti. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pintu limpasan air (spillway) Waduk Saguling di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), bakal dibuka, pada Sabtu nanti. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Pintu limpasan air (spillway) Waduk Saguling di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), bakal dibuka, pada Sabtu, 24 September 2022.

Pembukaan spillway ini bakal berdampak pada peningkatan debit air di Sungai Citarum Lama mulai dari Dam Saguling hingga Jembatan Rajamandala.

Diprediksi peningkatan debit air mencapai 100 meter kubik per detik.

Manager Sipil dan Lingkungan, PT Indonesia Power Saguling POMU, Novi Haryanto mengatakan, pembukaan pintu air waduk dilakukan sebagai uji rutin ketahanan kontruksi bangunan waduk Saguling dalam operasi PLTA.

Baca Juga: Cara Daftar Panwascam, 35 Warga Bandung Barat Ikuti Hari Pertama Pendaftaran

"Betul akan ada uji operasi pintu spillway, karena termasuk dalam pekerjaan inspeksi besar Bendungan Saguling. Pengujian ini hanya untuk memastikan kesiapan bangunan sipil untuk operasional pembangkit Saguling," kata Novi, Rabu, 21 September 2022.

Novi menerangkan, pembukaan 3 pintu air waduk Saguling tak dilakukan secara maksimal. Masing-masing spillway akan dibuka hingga ketinggian 10 meter.

Air yang keluar dari limpasan ini bakal masuk ke Citarum lama yang sempat mengering akibat dibendung.

Baca Juga: 3 Peristiwa Kebakaran di KBB Terjadi dalam Sehari, Warga Diingatkan Benahi Instalasi Listrik

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Bullying, Guru Harus Intens Awasi Siswa di Sekolah

Selasa, 29 November 2022 | 16:54 WIB
X