3 Peristiwa Kebakaran di KBB Terjadi dalam Sehari, Warga Diingatkan Benahi Instalasi Listrik

- Rabu, 21 September 2022 | 13:56 WIB
Ilustrasi. Kebakaran (Pixabay)
Ilustrasi. Kebakaran (Pixabay)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Tiga peristiwa kebakaran terjadi di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam kurun waktu sehari, pada Rabu 21 September 2022.

Dalam peristiwa itu, sebanyak 4 rumah, 1 kendaraan roda empat, serta satu tempat pembuangan sampah habis dilalap api. Lokasinya tersebar di Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalongwetan, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, dan Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan KBB, Meidi mengingatkan agar warga punya tingkat kewaspadaan tinggi terhadap segala macam pemicu kebakaran. Terutama ketertiban instalasi listrik. Pasalnya, dua dari tiga pemicu kebakaran disebabkan percikan api dari korsleting listrik.

Baca Juga: Kondisi Gedung Merdeka Rusak dan Bocor Viral di Medsos, Ini Kata Kepala Museum

"Kita ingatkan warga tetap waspada terhadap segala bentuk aktivitas yang memicu kebakaran. Terutama soal instalasi listrik, karena mayoritas penyebabnya korsleting listrik, termasuk kemarin. Kita harap masyarakat mulai membenahi jaringan listriknya," papar Meidi, Rabu 21 September 2022.

Selain jaringan listrik, mayoritas kejadian kebakaran disebabkan akibat keteledoran masyarakat. Misalnya, tungku api atau kompor yang lupa dimatikan, sembaran buang puntung rokok atau membakar sampah, dan lain sebagainya.

"Jadi kita ingatkan jangan teledor kalau sedang menggunakan api. Kita harus pastikan bahwa api yang sudah digunakan benar-benar telah padam," terangnya.

Terakhir, Meidi meminta jika terjadi insiden kebakaran di lingkungan pemukiman penduduk, secepatnya menginformasikan atau menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran suapaya mendapatkan penanganan.

Baca Juga: Tak Hanya Tolak Kenaikan Harga BBM Buruh K-SPSI Geruduk Gedung Sate Minta Naik Upah

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Bullying, Guru Harus Intens Awasi Siswa di Sekolah

Selasa, 29 November 2022 | 16:54 WIB
X