Masyarakat Kota Bandung Tak Perlu Datangi Kantor Pos, BLT BBM Diantar ke Rumah jika Penuhi Syarat

- Rabu, 21 September 2022 | 13:28 WIB
Penyaluran BLT BBM di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Penyaluran BLT BBM di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Masyarakat Kota Bandung penerima bantuan langsung tunai (BLT) tidak perlu datang ke kantor pos atau tempat yang ditentukan pemerintah daerah untuk mencairkan BLT. Meski begitu, ada beberapa kategori khusus yang harus dipenuhi jika ingin BLT diantarkan langsung ke rumah.

Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung Syukur Sabar mengatakan, pemberian BLT langsung ke rumah warga bisa dilakukan oleh petugas. Namun, harus dipastikan lebih dulu kendala yang membuat mereka tidak bisa datang ke pos pengambilan BLT.

"Misalkan mereka sakit atau kekurangan persyaratan. Kemudian bisa juga karena lansia atau disabilitas. Itu yang akan kita koordinasikan dengan PT Pos (penyalur BLT)," ujar Syukur di Balai Kota Bandung, Rabu, 21 September 2022.

Baca Juga: Ternyata, BLT BBM dan BSU Berbeda? Begini Kata Menkeu Sri Mulyani Lengkap Cara Cek dan Syarat Penerimanya

Selain itu, dijelaskan Syukur, penerima BLT yang diberikan ke rumah tidak bisa menerima bantuan tersebut sekarang. PT Pos harus merampungkan lebih dulu pembagian untuk penerima yang datang ke kantor Pos.

Setelah itu baru BLT bagi penerima bantuan yang berada di rumah disalurkan. Pembagian akan melibatkan aparat dari tingkat kelurahan dan kecamatan.

Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung Syukur Sabar (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

"Dari aparat kewilayahan juga kita ada petugas, meski untuk menemani saja," kata Syukur.

Selanjutnya, kata Syukur, saat ini sebagian besar BLT sudah tersalurkan pada masyarakat yang membutuhkan dan terdata di dinas sosial. Di Kecamatan Astana Anyar tempat Syukur menjabat misalnya, sudah 85 persen BLT diterima.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X