Kembalikan Keindahan Kota Bandung, Para Pengamen di Kawasan Dago Gelar Aksi Bersihkan Tembok dari Coretan

- Selasa, 20 September 2022 | 13:49 WIB
Para pengamen di kawasan Dago menggelar aksi bersihkan tembok dari coretan untuk kembalikan keindahan Kota Bandung (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Para pengamen di kawasan Dago menggelar aksi bersihkan tembok dari coretan untuk kembalikan keindahan Kota Bandung (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sinar mentari menyeruak menembus sela pohon dan tingginya gedung yang berada di kawasan Jalan Sulanjana, Dago dan Diponegoro Kota Bandung. Waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB, aktivitas masyarakat Kota Bandung mulai terlihat lalu lalang di jalan tersebut.

Disela menunggu lampu lalu lintas berubah dari warna merah menjadi hijau, para pengendara biasanya dihibur dengan lantunan suara dan petikan gitar dari pengamen yang menjadi pengusir bosan pengendara.

Namun, pagi itu tak terdengar lagi lantunan lagu dari pengeras suara milik pengamen yang biasa mangkal di lokasi tersebut. Selidik punya selidik, para pengamen tersebut bergabung untuk melakukan suatu aksi bebersih tembok dari coretan-coretan tangan jahil.

Baca Juga: Massa Aksi Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Blokade Simpang Dago Sulanjana

Bermodalkan sapu, kuas dan cat mereka dengan seksama membersihkan coretan dan vandalisme yang mengganggu keindahan di sekitar lokasi. Hal itu dilakukan para pengamen untuk mengembalikan kebersihan dan estetika Kota Bandung yang terkenal menjadi destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara.

Ditemui di lokasi, Dodi Permana selaku Koordinator aksi mengaku kegiatan bebersih ini merupakan inisiatif para musisi jalanan yang tak betah melihat pemandangan di sekitar lokasi penuh dengan coretan.

Selain itu, kata dia, aksi bebersih ini bertujuan untuk mengembalikan keindahan Kota Bandung yang sejak dulu terkenal dengan nama lain Paris van Java atau Bandung Kota Kembang karena keindahannya.

Baca Juga: Pernyataan Lama Listyo Sigit Prabowo Tentang Polisi saat Ramai Masalah Najwa Shihab Kritik Polisi

"Bandung penyangga ibu kota, Bandung ini juga ibu kota Jawa Barat. Setidaknya kita berupaya mengembalikan keindahaan Kota Bandung yang kita cintai ini dengan cara kita semampunya, tidak pakai anggaran negara atau pemerintah," kata Dodi saat ditemui di Jalan Dago, Selasa, 20 September 2022.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X