KIP Nilai Bandung Barat Belum Terbuka Soal Informasi Publik

- Senin, 19 September 2022 | 19:58 WIB
dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat menilai Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum terbuka soal Informasi publik  . (Ayobandung/Restu Nugraha)
dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat menilai Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum terbuka soal Informasi publik . (Ayobandung/Restu Nugraha)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendapat predikat daerah belum terbuka soal Informasi publik dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat (Jabar).

Hal tersebut lantaran, Pemda tak pernah menyetorkan form kuisioner tentang keterbukaan informasi publik yang diberikan KIP. Sehingga, KIP tak bisa mengukur capain keterbukaan informasi yang telah dilakukan Pemda KBB.

"Pemda KBB hingga kini tidak memiliki nilai dalam penilaian keterbukaan informasi karena tidak mengembalikan berkas yang sempat dikirimkan," kata Komisioner KPI Jabar, Dadan Saputra, Senin 19 September 2022.

Baca Juga: Soal Keindahan Kota Bandung, Istri Ridwan Kamil: Turun Banget!

Padahal, pengembalian berkas kuisioner tersebut bersifat wajib dikembalikan setelah diisi oleh Pemkab Bandung Barat sesuai Peraturan Daerah (Perda) Jabar Nomor 11 tahun 2011 tentang Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas, juga Peraturan Komisi Informasi nomor 1 tahun 2022 tentang Monitoring dan Evaluasi..

 "Kabupaten Bandung Barat itu tidak informatif, jadi nilainya nol karena tidak mengembalikan kuisioner yang kita berikan. Jadi jangankan publik tahu, KIP juga tidak tahu. Padahal secara aturan itu sifatnya wajib, karena ada dasar aturannya," paparnya

"Artinya Kabupaten Bandung Barat tidak mengindahkan aturan yang sudah ada," sambungnya.

Ia menyebut, Pemda KBB sangat tertutup, padahal masyarakat memiliki hak untuk mengetahui terkait program serta layanan yang disediakan oleh Pemkab Bandung Barat sebagai penunjang berbagai pembangunan yang tengah dilakukan.

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 15:56 WIB
X