Harga BBM Naik, Buruh Kota Cimahi Minta UMK 2023 Ikut Naik 25 Persen

- Kamis, 15 September 2022 | 16:11 WIB
Puluhan buruh Kota Cimahi yang tergabung dalam KASBI mendesak pemerintah menaikkan UMK tahun 2023 sebesar 25 persen. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Puluhan buruh Kota Cimahi yang tergabung dalam KASBI mendesak pemerintah menaikkan UMK tahun 2023 sebesar 25 persen. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Puluhan buruh Kota Cimahi yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) mendesak pemerintah menaikkan UMK tahun 2023 sebesar 25 persen, seiring kebijakan kenaikan harga BBM.

Ketua KASBI Kota Cimahi Siti Eni menilai kenaikan BBM akan ikut mengerek harga bahan-bahan pokok sehingga amat berdampak pada kehidupan buruh.

Oleh karena itu, pemerintah mesti menaikan upah agar buruh tetap bisa mengakses kebutuhan dasarnya.

"Jelas kami tolak Kenaikan BBM. Kita juga menuntut agar naikkan upah buruh 25 persen di tahun 2023 nanti. Kemudian turunkan harga sembako," kata Siti Eni, Kamis, 15 September 2022.

Baca Juga: Satgas Waspada Investasi OJK Sebut Pernah Minta Doni Salmanan Hentikan Pelatihan

Sebagai bentuk penolakan terhadap kenaikan harga BBM, KASBI menggelar aksi unjuk rasa di jalan Amir Machmud. Selain berorasi, masa buruh juga membagikan sekitar 6 ribu lembar selebaran penolakan kenaikan BBM.

"Pemerintah harus tahu bagaimana rakyat menjerit soal kenaikan BBM dan Omnibus Law. Kita menolak kenaikan BBM dan cabut UU Ciptakerja," terangnya.

Eni tak menampik para buruh ada yang menerima bantuan subsidi BBM senilai Rp 600 ribu, namun itu pun tak semua buruh menerima. Menurutnya hal itu juga buka sebagai jalan keluar dari kenaikan BBM bersubsidi.

Baca Juga: Bandung Barat Tunggu Hasil Survei untuk Penyesuaian Upah Buruh Imbas Harga BBM Naik

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Buru Pelaku Begal Todongkan Beceng di Cimahi

Kamis, 1 Desember 2022 | 15:38 WIB

Warga Cimahi Gelar Salat Berjamaah Gerhana Bulan

Selasa, 8 November 2022 | 20:02 WIB
X