3 Titik Bencana Longsor di Bandung Barat Sebabkan 4 Rumah Rusak

- Senin, 12 September 2022 | 08:18 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat 3 titik bencana longsor, pada Minggu 11 September 2022 (Dok. BPBD)
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat 3 titik bencana longsor, pada Minggu 11 September 2022 (Dok. BPBD)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat 3 titik bencana longsor, pada Minggu 11 September 2022.

Longsor yang dipicu hujan intensitas tinggi dengan durasi panjang ini mengakibatkan sedikitnya 4 rumah rusak dan satu tembok penahan tanah (TPT) ambrol. Kejadian longsor tersebar di Kecamatan Lembang, Ngamprah dan Cipatat.

"Sampai saat ini kita mencatat ada 3 titik kejadian longsor. Peristiwa tersebut dipicu hujan deras sepanjang hari kemarin," kata Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo, Senin 12 September 2022.

Baca Juga: Bencana Longsor Menerjang 10 Rumah di Rongga Bandung Barat

Lokasi pertama terjadi di Kampung Cibangkonol RT 01 RW 04, Desa Kertamukti, Kecamatan Cipatat. Akibat peristiwa ini tebing jalan sepanjang 8 meter dan tinggi 3 meter ambrol, sehingga jalan gang antar kampung tak bisa dilewati kendaraan roda dua dan material tanah masuk ke satu rumah warga.

Lokasi kedua terjadi di Kampung Sukamekar RT 03 RW 10, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang. Longsor merusak tiga rumah milik warga. Pasalnya, bangunan tersebut berdiri di atas tanah yang labil sehingga ketika hujan deras tiba rumah ini langsung terdampak longsor.

"Akibatnya dinding rumah sepanjang 10 meter tinggi 3 m serta lebar 4 m ambrol dan longsoran langsung jatuh ke tanah kosong yang berada di tebing," jelas Duddy.

Baca Juga: Sempat Lumpuh Akibat Longsor, Jalan Tapos Bandung Barat Kini Bisa Dilalui Kendaraan

Lebih lanjut ia mengatakan, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi keluarga dan barang korban diungsikan ke rumah keluarga.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 15:56 WIB
X