Selain BLT BBM, Pemprov Jabar Siapkan Bantuan Tambahan bagi Ojol hingga Nelayan

- Sabtu, 10 September 2022 | 15:03 WIB
Selain BLT BBM, Pemprov Jabar Siapkan Bantuan Tambahan bagi Ojol hingga Nelayan (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)
Selain BLT BBM, Pemprov Jabar Siapkan Bantuan Tambahan bagi Ojol hingga Nelayan (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM - - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah merumuskan skema bantuan tambahan di luar Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dari pemerintah pusat.

Nantinya bantuan tambahan tersebut akan menyasar pengemudi Ojek Online (Ojol), masyarakat di wilayah berstatus miskin ektrem hingga nelayan.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dewi Sartika bantuan tambahan itu didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022.

Baca Juga: Ribuan Warga KBB Berdesakan Antre BLT BBM, 2 Orang Pingsan Dibawa ke Puskesmas

"Jadi itu sudah diatur dalam Permenkeu, jadi berasal dari APBD besarnya dua persen dari Dana Transfer Umum (DTU)," kata Dewi di Kota Bandung, Sabtu 10 September 2022.

Dewi mengungkapakan, besaran bantuan sedang dirumuskan oleh pihak Pemprov Jabar. Yang pasti, sasaran bantuan tambahan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sudah ditetapkan, seperti pengemudi Ojol, warga miskin, hingga nelayan.

"Sekarang sedang kita hitung untuk diperubahan (APBD Perubahan), jadi sudah wajin dan akan segera diluncurkan, salah satunya untuk Ojol, orang tidak mampu yang ditetapkan, nelayan, ada pula operasi pasar," ungkapnya.

Skema bantuan tambahan akan dilakukan lewan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil maupun perangkat daerah lain.

Baca Juga: Resmi! Kemenhub Naikan Tarif Ojol Mulai 10 September Imbas Harga BBM Naik: Di Jabar Bisa Capai Rp10 Ribu

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X