Sempat Lumpuh Akibat Longsor, Jalan Tapos Bandung Barat Kini Bisa Dilalui Kendaraan

- Selasa, 6 September 2022 | 15:07 WIB
Akses jalan penghubung Kecamatan Cipeundeuy-Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kembali bisa dilalui kendaraan. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Akses jalan penghubung Kecamatan Cipeundeuy-Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kembali bisa dilalui kendaraan. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Akses jalan penghubung Kecamatan Cipeundeuy-Cikalongwetan, di Kampung Tapos RT 02 RW 04, Desa Kenangasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kembali bisa dilalui kendaraan, pada Selasa 6 September 2022.

Sebelumnya, jalan ini lumpuh total akibat diterjang longsor, pada Minggu, 4 September 2022, dini hari. Material longsor serta bongkahan pohon bambu setebal 2-5 meter menutup jalur ini sepanjang 30 meter.

"Alhamdulillah setelah tim gabungan bersama warga setempat kerja keras selama tiga hari. Material longsor berhasil dibersihkan. Sekarang sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulamgan Bencana Daerah (BPBD) Duddy Prabowo.

Duddy menerangkan, petugas BPBD sempat mendapat kesulitan dalam evakuasi material longsor karena bongkahan tanah begitu tebal ditambah banyaknya pohon bambu yang ikut tergusur longsor.

Baca Juga: Blangko KTP Terbatas, Warga KBB Akan Pakai Identitas Kependudukan Digital

"Berkat kerja keras warga dan petugas gabungan, akhirnya longsor berhasil dievakuasi hingga jalur bisa dibuka kembali. Kita dibantu dua alat berat dan temen-temen damkar untuk membersihkan sisa lumpur di badan jalan," terangnya.

Diketahui, lumpuhnya akses jalan Cipeundeuy-Cikalongwetan mengakibatkan jalur kendaraan dari Jalan Tapos dialihkan ke Jalan Cihanjuang menuju Desa Mandalsari. Warga Kampung Tapos yang hendak Sekolah ke SDN Kanangasari sempat harus memutar jalan hingga 7 kilometer.

Baca Juga: Pemda Bandung Barat Pastikan Kenaikan Tarif Angkutan Disesuaikan Kemampuan Warga

Sebaliknya, warga dari Kampung Cisela dan Cipeuti yang hendak sekolah di sejumlah PAUD dan TK di Kampung Tapos juga sama-sama harus memutar 7 kilometer.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 15:56 WIB
X