Belum Ada Suspek Cacar Monyet di Jabar, Warga Harap Disiplin Prokes 3M

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 16:37 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) mengkonfirmasi, bahwa sampai saat ini belum ada suspek clade atau cacar monyet di wilayah Jabar (Freepik)
Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) mengkonfirmasi, bahwa sampai saat ini belum ada suspek clade atau cacar monyet di wilayah Jabar (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COMDinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) mengkonfirmasi, bahwa sampai saat ini belum ada suspek clade atau cacar monyet di wilayah Jabar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Jabar, Ryan Bayusantika Rusnandi mengaku, pihaknya sudah mengedarkan Surat Edaran (SE) untuk melakukan surveilans ketat di seluruh 27 Kabupaten/Kota di Jabar.

"Gejala klinis dan lain-lain sampai kalau ada orang sakit kita siapkan untuk pemeriksaan PCR. Tapi memang segitu khasnya di Jabar belum ada, sampai sekarang belum mendapatkan suspek," kata Ryan ketika dikonfirmasi, Rabu, 24 Agustus 2022.

Baca Juga: Tanpa APBD Cianjur, Bagong Mogok Bangun Jembatan Gantung di Pasirkuda

Selain surveilans ketat, kata Ryan, terdapat imbauan khusus dari Kementerian Kesehatan atau Kemenkes guna melakukan skrining ketat di bandara, terutama penumpang dari mancanegara.

Ryan bilang, skrining ketat ini guna mengidentifikasi bila penumpang memiliki gejala khas di wajah, telapak tangan, maka dia akan diperiksa langsung.

"Saat masuk tubuh diskrining. Pintu masuk diperketat terutama dari negara Singapura yang ada positif cacar monyet," ujarnya.

Menurut Ryan, penanganan cacar monyet ini cenderung lebih mudah dibandingkan dengan Covid-19 sebab cacar monyet dapat menular bila ada kontak kulit atau pakaian, handuk, sprei yang sering dipakai.

"Tetap waspada dengan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat). 3M sangat berpengaruh dan jaga jarak. Penularan kita meminimalisir kontak fisik, cipika cipiki dikurangi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X