Mengupas Carut-marut Transportasi di Kota Bandung, Macet hingga Tingginya Penambahan Jumlah Kendaraan

- Senin, 22 Agustus 2022 | 15:52 WIB
[Ilustrasi] kemacetan di Flyover Pasupati, Kota Bandung, Senin (2/12/2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi] kemacetan di Flyover Pasupati, Kota Bandung, Senin (2/12/2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat yang terkenal karena menjadi destinasi wisata bagi turis lokal maupun mancanegara. Selain itu, Kota Bandung menjadi jantung pemerintahan Jawa Barat yang dibuktikan dengan padatnya kompleks perkantoran pemerintah yang tersebar di setiap sudut kota.

Dua hal tersebut menjadikan Kota Bandung salah satu kota terpadat di Indonesia. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk di Kota Bandung mencapai 2,53 juta jiwa pada 2021.

Memiliki wilayah seluas 166,59 kilometer persegi, Kota Bandung menjadi Kota terpadat di Jawa Barat dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 15,17 ribu jiwa per km persegi. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan kepadatan penduduk di 26 kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

Dengan perincian data tersebut, bisa dipastikan kepadatan lalu lintas turut membayangi Kota Bandung. Terlebih, banyaknya aktivitas warga dari 4 wilayah aglomerasi Bandung Raya yang bekerja maupun beraktivitas di Kota Bandung. Di antaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: 21 Halte Senilai Hampir Rp2 Miliar di Bandung Dibongkar Pemkot, DPRD: Perencanaan Belum Matang

Dengan begitu, 2,53 juta penduduk Kota Bandung harus berjibaku dengan 1,2 juta penduduk 'dadakan' berasal dari 4 wilayah tersebut. Setiap hari jutaan orang merangsek memasuki Kota Bandung saat siang untuk bekerja dan beraktivitas. Hal itu menjadikan Kota Bandung menjadi termacet nomor satu di Indonesia.

Kota Bandung Pernah jadi Kota Termacet di Indonesia

Kota Bandung pernah jadi kota termacet di Indonesia. (Ayobandung.com)

Asian Development Bank (ADB) pada September 2019 menobatkan Kota Bandung sebagai kota termacet se-Indonesia dalam Update of the Asian Development Outlook. Kota Bandung menduduki urutan kota termacet ke-14 se-Asia, Jakarta di urutan ke-17, dan Surabaya menduduki posisi ke-20.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Citra Politisi di Media Digital Lebih Sulit Dikendalikan

Selasa, 27 September 2022 | 16:47 WIB

UMKM Binaan bank bjb Sukses Ekspor Produk ke Luar Negeri

Selasa, 27 September 2022 | 15:53 WIB
X