Harga Telur Ayam di Cimahi dan Bandung Barat Meroket, Sentuh Rp32 Ribu per Kilogram

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:43 WIB
Harga telur ayam di sejumlah pasar Kota Cimahi dan Bandung Barat meroket tajam sampai Rp 32 Ribu per kilogram.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Harga telur ayam di sejumlah pasar Kota Cimahi dan Bandung Barat meroket tajam sampai Rp 32 Ribu per kilogram. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Harga telur ayam di sejumlah pasar Kota Cimahi dan Bandung Barat meroket tajam. Para pedagang rata-rata menjual telur Rp32 Ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang Pasar Tagog Padalarang, Bandung Barat Ade (50) mengatakan, kenaikan telur terjadi sejak sepekan terakhir. Hal ini dipicu lantaran stok telur di pasaran berkurang.

"Terus naik sejak seminggu kemarin. Ditambah pasokan dari distributor mulai kurang," kata Ade, Jumat 19 Agustus 2022.

Ade menambahkan, biasanya minim stok telur di pasaran menipis terjadi berbarengan dengan penyaluran program bantuan pangan dari pemerintah (BPNT) yang salahsatu komoditinya adalah telur.

"Biasanya kalau mulai ada pencairan program pemerintah seperti BPNT stok telur berkurang," terangnya.

Ade menyebut, lantaran harga yang melonjak naik dirinya pun saat ini mengurangi stok telur yang dijual. "Dengan harga mahal tentu saya juga sebagai pedagang bingung ngejualnya," pungkasnya.

Hal yang sama dialami Robi (36), pedagang telur di pasar Antri Kota Cimahi. Menurutnya, harga telur ayam mencapai Rp31.000 per kilogram. Padahal harga normal sebelumnya Rp27.000 per kilogram.

Baca Juga: Komisi VII DPR RI: Pemerintah Harus Hitung Dampak Lebih Jauh Jika Menaikkan Harga BBM Bersubsidi

“Sudah sepekan harga telur ayam mahal, kita tidak tahu pasti apa penyebabnya. Namun biasanya karena pakan ayam sedang naik, serta menjelang pemberian bansos, sehingga kenaikan harga tinggi," papar Robi.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X