Kritik Aktivitas Tambang, Aktivis Kibarkan Bendera di Pegunungan Karts Bandung Barat

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:31 WIB
Kritik Aktivitas Tambang, Aktivis Kibarkan Bendera di Pegunungan Karts Bandung Barat (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Kritik Aktivitas Tambang, Aktivis Kibarkan Bendera di Pegunungan Karts Bandung Barat (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah masyarakat bersama aktivis yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC) membentangkan bendera raksasa di pegunungan karst Tebing Hawu, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu 17 Agustus 2022.

Aksi ini dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, sekaligus menyuarakan semangat konservasi pegunungan karst yang saat ini masih terancam eksploitasi tambang.

Ketua FP2KC, Deden Syarif Hidayat mengatakan momen hari kemerdekaan ini harus direfleksikan melalui semangat-semangat konservasi lingkungan.

Baca Juga: Interpreter Bahasa Isyarat Upacara HUT RI Bikin Salah Fokus, Ikut Joget Lagu Ojo Dibanding bandingke

Jika dahulu para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan, maka kini bagi generasi selanjutnya adalah mempertahankan kemerdekaan dan menjaga lingkungan.

"Karena penjajahan sudah selesai dan kita sudah 77 tahun merdeka, sekarang nampaknya kita masih belum merdeka terkait eksploitasi sumber daya alam kita," ujar Deden.

Menurut Deden, pegunungan karst Citatah yang membentang dari Kecamatan Padalarang hingga perbatasan Cianjur memiliki fungsi penting untuk keseimbangan alam terutama sebagai area tangkapan air.

Baca Juga: Nadina Yutana, Mojang Cianjur Bertugas di Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Istana Negara

"Memang ada nilai yang ingin kami sampaikan debgan simbol bendera merah putih bisa berkibar di tebing karst. Karst sendiri memiliki manfaat yang tidak sedikit, mulai dari mata air dan keseimbangan alam lain," tambahnya.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X