Petugas Satpol PP Diduga Tertibkan PKL secara Kasar di Masjid Agung Kota Bandung

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:08 WIB
DPRD Kota Bandung mengecam aksi petugas Satpol PP yang melakukan penertiban terhadap PKL di area Masjid Agung Kota Bandung. (Tiktok/Alfayaka)
DPRD Kota Bandung mengecam aksi petugas Satpol PP yang melakukan penertiban terhadap PKL di area Masjid Agung Kota Bandung. (Tiktok/Alfayaka)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- DPRD Kota Bandung mengecam aksi petugas Satpol PP yang melakukan penertiban terhadap PKL di area Masjid Agung Kota Bandung.

DPRD menyayangkan aksi tersebut lantaran membuat dagangan PKL berserakan.

"Saya mengecam dan menyayangkan, apalagi sampai diawur-awur gitu. Enggak etis penindakannya," kata anggota Komisi D DPRD Kota Bandung Andri Rusmana saat dihubungi, Selasa, 16 Agustus 2022.

Andri menyebut, seharusnya petugas bisa lebih humanis dalam melakukan penertiban. Meskipun petugas sudah memberi peringatan berkali-kali kepada PKL, pendekatan melalui komunikasi harus dikedepankan dibanding aksi tersebut.

"Pedagang ini kan warga kita juga, ya tinggal diarahkan saja. Da kita bukan sedang berhadapan dengan orang lain atau misalkan dengan bandit, kita sedang berhadapan dengan masyarakat sendiri kok," tuturnya.

Politikus PKS muda ini menyebut, banyak opsi untuk pola penertiban PKL. Dari mulai opsi relokasi, ataupun pendekatan humanis terhadap pedagang yang masih membandel berjualan di area terlarang.

"Dan komunikasinya juga yang harus lebih dikedepankan, PKL di Bandung kan tidak berdiri sendiri, ada komunitasnya. Ajak mereka duduk bareng, cari solusi bersama dan libatkan mereka. Justru saya khawatir ini tidak ada komunikasi, apalagi sampe diawur-awur begitu," pungkasnya.

Baca Juga: Kereta Cepat Beroperasi 2023, Flyover dan JPO Ciroyom Mulai Konstruksi Oktober 2022

Sebelumnya, viral beredar video barang dagangan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berserakan di Masjid Agung Kota Bandung. Dalam video tersebut nampak 2 orang ibu-ibu mengeluh dagangannya berhamburan di lantai masjid.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syukuran HUT TNI ke-77 Digelar di Stadion Siliwangi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:48 WIB

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X