Urai Benang Kusut Masalah TKK, Pemda Bandung Barat Bentuk Tim Khusus

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:38 WIB
Ilustrasi tenaga honorer | Pemda KBB mengambil langkah serius untuk menangani persoalan tenaga honorer atau TKK ang bekerja di lingkungan OPD. (Instagram @cpns.asn)
Ilustrasi tenaga honorer | Pemda KBB mengambil langkah serius untuk menangani persoalan tenaga honorer atau TKK ang bekerja di lingkungan OPD. (Instagram @cpns.asn)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengambil langkah serius untuk menangani persoalan tenaga honorer atau Tenaga Kerja Kontrak (TKK) yang bekerja di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Diketahui, TKK di Bandung Barat jadi polemik lantaran menjadi beban APBD karena jumlah membengkak. Namun di sisi lain peran tenaga honorer tetap dibutuhkan mengingat ketersediaan PNS belum ideal.

Selain itu, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan penghapusan honener maksimal hingga November 2023 mendatang, sesuai Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/185/M.SM.02.03/2022.

Untuk mengurangi masalah ini, Pemda bakal membentuk tim khusus atau Satuan Tugas (Satgas) untuk mendata Tenaga Kerja Kontrak di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tim ini terdiri dari unsur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Bagian Organisasi Setda KBB.

"Dari informasi yang saya dapat memang ada kekhawatiran bagaimana nasib TKK ke depan. Kemudian, kita akan coba distribusikan TKK yang jumlahnya banyak ke OPD yang kurang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, Selasa, 16 Agustus 2022.

Baca Juga: Polisi Ringkus Pelaku Pembunuhan Sopir Meubeul di Lembang KBB

Hengky menambahkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan solusi terkait keberadaan TKK yang ada di wilayahnya. Salah satunya terkait skema penggajian.

"Kedepannya kita ingin ada solusi terkait TKK apakah nanti dengan kebijakan berupa outsourcing. Karena memang SDM TKK di KBB ini sangat dibutuhkan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X