Cosplay di Jalan Asia Afrika Timbulkan Kerumunan dan PKL, Sekda Kota Bandung: Harus Ditertibkan!

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:32 WIB
Cosplay di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanur Putra)
Cosplay di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanur Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG. COM -- Jalan Asia Afrika dan Jalan Sukarno belakangan ini menjadi salah satu lokasi yang ramai dikunjungi wisatawan baik sekadar berjalan kaki maupun berswafoto bersama karakter unik dan seram. 

Di lokasi tersebut saat ini terkenal dengan cosplay atau orang yang berpakaian menyerupai tokoh bahkan hantu untuk menawarkan jasa foto bersama. 

Selain mengundang wisatawan, dengan adanya cosplay tersebut turut mengundang Pedagang Kaki Lima (PKL) yang semakin marak bertebaran di lokasi akibat banyaknya pengunjung yang berwisata ke kawasan tersebut. 

Baca Juga: Fotografer Bayaran di Kawasan Asia Afrika Bandung: Lewat Kamera Sewa, Raup Ratusan Ribu per Hari

Berangkat dari hal tersebut, Pemerintah Kota Bandung berencana menertibkan orang dengan berpakaian ala tokoh-tokoh atau cosplay yang ada di kawasan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika. Keberadaan cosplay tersebut disinyalir menimbulkan kerumunan terutama pada akhir pekan atau hari libur.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, segala sesuatu yang bersifat menimbulkan keramaian harus ditertibkan. Mengingat, pandemi Covid-19 masih terjadi bahkan kasus di Kota Bandung masuk terus mengalami kenaikan hingga kini mencapai 899 orang per tanggal 15 Agustus 2022.

Cosplay di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

"Yang jelas pandemi Covid-19 sudah dua tahun, muncul kesadaran semua, jadi jangan merasa euforia," kata Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa, 16 Agustus 2022.

Bahkan Ema mengaku telah melakukan evaluasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bandung untuk menertibkan cosplay yang ada di area Gedung Merdeka yakni di Jalan Asia Afrika dan Jalan Sukarno. 

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syukuran HUT TNI ke-77 Digelar di Stadion Siliwangi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:48 WIB

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X