Divonis 6 Bulan 15 Hari Penjara, Bahar bin Smith Tak Ajukan Banding

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:27 WIB
Divonis 6 Bulan 15 Hari Penjara, Bahar bin Smith Tak Ajukan Banding (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
Divonis 6 Bulan 15 Hari Penjara, Bahar bin Smith Tak Ajukan Banding (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung memvonis pidana penjara enam bulan 15 hari terhadap terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong, Bahar bin Smith.

Bahar bin Smith terbukti melakukan tindak pidana dengan menyebarkan kabar yang tidak pasti atau tidak lengkap. Majelis Hakim menilai terdakwa dinyatakan bersalah pada dakwaan subsider lebih. Pembacaan vonis dilaksanakan di PN Bandung, Selasa, 16 Agustus 2022.

Kuasa Hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta meyakini kliennya akan divonis ringan karena hanya dikenakan subsider lebih dengan Pasal 15 ayat 1 tentang berita tidak pasti.

Baca Juga: Bahar bin Smith Divonis Penjara 6 Bulan 15 Hari, Kasus Penyebaran Berita Bohong

"Kami tidak akan banding, kami menerima putusan yang disampaikan oleh majelis hakim. Tentunya kita akan menunggu reaksi dari jaksa karena jaksa menyampaikan pikir-pikir," kata Ichwan seusai persidangan.

Ichwan menilai, kurang lebih dari satu minggu dari putusan hakim ini Bahar bin Smith akan bebas. Sebab menurut perhitungannya, masa tahanan Bahar bin Smith akan jatuh enam bulan di hari besok.

Namun hal tersebut masih bisa berubah sebab dirinya akan menghitung secara pasti kapan waktu pembebasan Bahar bin Smith.

Baca Juga: Jelang Sidang Vonis, Pendukung Bahar bin Smith Padati Pengadilan Negeri Bandung

"Kalau hitungannya Bahar bin Smith sudah menjalani enam bulan besok, tapi kami masih coba hitung-hitung lagi waktunya pembebasannya. Kurang lebih seminggu terhadap putusan ini (bebas)," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syukuran HUT TNI ke-77 Digelar di Stadion Siliwangi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:48 WIB

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X