Sempat Lumpuh, Layanan Adminduk di Bandung Barat Kembali Normal

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:45 WIB
Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali normal (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali normal (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali normal, pada Selasa 16 Agustus 2022.

Pantauan AyoBandung di lokasi, sejumlah loket pembuatan KTP, KK, surat pindah, hingga perekaman KTP mulai dibuka kembali. Petugas operator adminduk di 10 loket layanan Disdukcapil tampak telah bertugas seperti biasa.

"(Layanan) sudah bisa lagi. Saya buat KTP hilang. Kemarin gak bisa karena operatornya gak ada, jadi hari ini datang lagi ke sini," kata Erdiansyah (35), warga Kecamatan Ngamprah.

Baca Juga: UPDATE Kasus Brigadir J, Komisi III DPR RI Panggil Komnas HAM, Polri dan LPSK

Sebelumnya, 56 operator Adminduk Disdukcapil KBB berstatus honorer menggelar aksi mogok kerja menuntut kejelasan status mereka sebagai pegawai, menyusul adanya kebijakan penghapusan honener, pada November 2023 mendatang, sesuai Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/185/M.SM.02.03/2022.

Sekretaris Disdukcapil KBB Nanang Ismantoro mengatakan layanan Adminduk telah beroperasi kembali usai digelar pertemuan langsung dan menyerap aspirasi pekerja honorer.

Dalam pertemuan itu disepakati bahwa Disdukcapil komitmen untuk memperjuangkan puluhan operator Adminduk yang berstatus honorer agar diprioritaskan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: Sempat Tunggak 3 Semester, Biaya Kuliah Penerima Beasiswa Pemda KBB Ditanggung Baznas

"Kita sudah bertemu langsung. Meski bukan kewenangan kita, aspirasi pekerja honorer ini kita perjuangkan. Mereka perannya penting, jadi kita mendukung untuk diangkat jadi PPPK," kata Nanang saat ditemui.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X