Pelaku Pencurian Berkedok Tukar Uang Receh di Cimahi Ditangkap, Raup Belasan Juta

- Senin, 15 Agustus 2022 | 15:58 WIB
Polisi berhasil meringkus pelaku pencurian dengan modus menukarkan uang receh di kawasan Cimahi. Pelaku meraup belasan juta dari semua TKP. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Polisi berhasil meringkus pelaku pencurian dengan modus menukarkan uang receh di kawasan Cimahi. Pelaku meraup belasan juta dari semua TKP. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM — Polisi berhasil meringkus pelaku pencurian dengan modus tukar uang receh di kawasan Cimahi.

Modus itu diketahui ketika pelaku beraksi di salah satu warung di Jalan Terusan Cimahi, Kota Cimahi, 31 Juli 2022 lalu, karena terekam kamera pengawas atau CCTV.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pelaku melancarkan aksinya dengan berpura-pura menukarkan uang 600 ribu menjadi pecahan 50 ribu.

Saat korban sedang mengiyakan permintaan pelaku, pelaku lantas mengalihkan perhatian korban dengan permintaan lain, seperti menunjuk suatu barang. Lalu saat korban lengah, pelaku pun membawa kabur uang milik korban.

"Tersangka berinisial NI. Dari pengakuan pelaku, tersangka sudah melakukan aksinya di 20 TKP. Dari 20 TKP ini, tiga korban yang membuat laporan polisi," kata Ibrahim saat jumpa pers di Mapolda Jabar, Senin, 15 Agustus 2022.

Jumlah uang yang dibawa pelaku variatif, ada yang 500 ribu dan juga 600 ribu. Maka, secara keseluruhan pelaku meraup belasan juta dari total TKP yang dilakukannya.

Baca Juga: Mengabdi Setengah Abad, Guru Honorer Hadjarudin Sufianan Dapat Penghargaan dari PGRI Jabar

"Barang bukti yang disita itu satu kaus abu-abu, satu celana jeans, masker hitam, dan kendaraan roda dua, lalu helm," ungkapnya.

Video aksi pelaku sebelumnya viral di media sosial @infocimahi.co. Dalam keterangan video, salah seorang saksi Gusmas menuturkan, pelaku awalnya ingin menukarkan uang 700 ribu menjadi pecahan 50ribu.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syukuran HUT TNI ke-77 Digelar di Stadion Siliwangi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:48 WIB

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X