Pegawai Disdukcapil KBB Mogok, Warga yang Buat KTP Pulang dengan Tangan Kosong

- Senin, 15 Agustus 2022 | 15:27 WIB
Masyarakat yang sedari pagi datang ke Kantor Disdukcapi untuk mengurus KTP, KK, dan surat pindah, harus pulang dengan tangan kosong karena layanan Adminduk lumpuh (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Masyarakat yang sedari pagi datang ke Kantor Disdukcapi untuk mengurus KTP, KK, dan surat pindah, harus pulang dengan tangan kosong karena layanan Adminduk lumpuh (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Sejumlah warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) kena imbas akibat aksi mogok puluhan operator administrasi kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Senin 15 Agustus 2022.

Masyarakat yang sedari pagi datang ke Kantor Disdukcapil untuk mengurus KTP, KK, dan surat pindah, harus pulang dengan tangan kosong karena layanan Adminduk lumpuh.

Diah (46), warga Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, mengaku telah datang ke Disdukcapil sejak pukul 07:00 WIB. Namun, hingga pukul 12:00 WIB, layanan membuat KTP tak kunjung dibuka.

Baca Juga: Puluhan Anggota KPJ Geruduk Balai Kota Bandung, Tuntut Hal ini Jelang Hari Kemerdekaan

"Saya gak tahu ada aksi mogok pegawai. Padahal udah datang sejak pukul 07:00 WIB. Terpaksa pulang lagi," kata Diah.

Diketahui, aksi mogok kerja yang dilakukan para pegawai honorer Disdukcapil ini menuntut kejelasan status mereka sebagai pegawai menyusul adanya kebijakan penghapusan honener, pada November 2023, sesuai Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/185/M.SM.02.03/2022.

"Kecewa karena tidak ada pemberitahuan atau informasi dari pegawai Disdukcapil yang mogok kerja. Sehingga semua warga tetap menunggu sampai siang karena dengan harapan bisa mengurus adminduk. Tapi tetap gak bisa," papar Diah.

Baca Juga: 1 Bulan Lagi! 21 Data Diserahkan Tenaga Honorer dan Pegawai Non ASN ke PPK Untuk Seleksi PNS, PPPK 2022

Warga lainnya, Yuyus (44) mengaku, akan mengurus surat pindah bagi tetangganya yang sedang sakit yang bernama Asep Saepuloh warga Rancasengang, Sindangkerta, KBB. Dirinya membutuhkan cepat mengurus surat pindah itu agar tetangganya bisa segera dirujuk ke rumah sakit.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X