Pegawai Mogok Kerja, Layanan Kependudukan di Bandung Barat Beku

- Senin, 15 Agustus 2022 | 14:59 WIB
Pegawai Mogok Kerja, Layanan Kependudukan di Bandung Barat Beku (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pegawai Mogok Kerja, Layanan Kependudukan di Bandung Barat Beku (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) beku total, Senin 15 Agustus 2022.

Pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, dan lainnya tak bisa dilayani, lantaran 56 operator Adminduk berstatus tenaga honorer atau tenaga kerja kontrak (TKK) mogok kerja.

"Warga tak bisa kita layani. Lantaran semua operator mogok kerja. Mereka berhenti sejak jam 8:00 WIB hingga 12:00 WIB," kata Kepala Disdukcapil KBB, Hendra Trismayadi saat ditemui wartawan.

Baca Juga: Pelecehan Seksual di Duren Tiga Disebut Fitnah, Keluarga Brigadir J Ancam Pidanakan Istri Ferdy Sambo

Aksi mogok kerja dilakukan para pegawai honorer dalam rangka menuntut kejelasan status mereka sebagai pegawai menyusul adanya kebijakan penghapusan honener, November 2023 sesuai Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/185/M.SM.02.03/2022.

"Intinya, mereka merasa terancam diberhentikan seiring penerapan kebijakan penghapusan tenaga honorer tahun depan," terang Hendra.

Disdukcapil KBB mengaku telah audiensi dan menyerap aspirasi dari 56 peserta aksi. Pemerintah Daerah berjanji mengupayakan kejelasan mereka. Salah satunya mendorong ada mengikuti seleksi PPPK.

Baca Juga: Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J Ancam Pidanakan Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo, Ada Apa?

"Pada prinsipnya kami upayakan agar para TKK ini bisa masuk dengan status PPPK. Tapi kan ada tahapannya, kami tempuh satu-satu dan penuhi syarat-syaratnya," sebut Hendra.

Dari hasil analisis, Disdukcapil membutuhkan pegawai yang ideal yakni sebanyak 120 pegawai untuk memenuhi seluruh pelayanan dan administrasi Disdukcapil KBB.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X