21 Halte Senilai Hampir Rp2 Miliar di Bandung Dibongkar Pemkot, DPRD: Perencanaan Belum Matang

- Senin, 15 Agustus 2022 | 11:33 WIB
Sebanyak 21 halte di Kota Bandung dengan total biaya Rp 2 miliar lebih dibongkar pemkot Bandung. DPRD menilai perencanaannya kurang matang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Sebanyak 21 halte di Kota Bandung dengan total biaya Rp 2 miliar lebih dibongkar pemkot Bandung. DPRD menilai perencanaannya kurang matang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) selesai membongkar 21 halte Trans Metro Bandung (TMB) dan angkutan umum.

Halte yang pembangunannya diperkirakan menelan biaya Rp2 miliar lebih tersebut, sebagian besar karena sudah tidak digunakan dan sisanya beralih fungsi menjadi tempat gelandangan dan pedagang kaki lima (PKL).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Yudi Cahyadi mengatakan, pembongkaran halte yang dilakukan Dishub Kota Bandung menunjukkan, dari sisi perencanaan pembangunan halte kurang matang.

Baca Juga: Pembongkaran Halte Terbengkalai di Kota Bandung Rampung, Telan Biaya Ratusan Juta

“Meskipun ini keterkaitan dengan program sebelumnya, namun pada intinya tetap Pemkot Bandung, baik itu kepemimpinan sebelumnya dan sebelumnya, tapi ini tanggung jawab Pemerintah Kota Bandung. Jadi dari sisi perencanaan saya lihat kurang matang,” ujar Yudi melalui keterangan resminya dikutip Senin, 15 Agustus 2022.

Meski keberadaan halte ini masih diperlukan karena merupakan tempat naik dan turun penumpang angkutan umum, menurutnya, untuk penambahan halte harus dikaji dan dievaluasi terlebih dahulu. Salah satunya terkait rute angkutan umum.

“Karena saya juga dapat informasi dari Pemkot Bandung beberapa rute angkot akan dievaluasi dan beberapa konversi angkot tersebut pada transportasi banyak angkut penumpang rencana akan dilaksanakan di 2023,” katanya.

Baca Juga: Rusak dan Terbengkalai, Dishub Kota Bandung Akan Bongkar 21 Halte TMB

Perencanaan untuk lokasi pembangunan halte, kata dia, harus betul-betul merupakan hasil kajian. Seperti lokasi, pola pemeliharaan, dan pengawasan seperti apa karena tidak bisa dilepas begitu saja.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syukuran HUT TNI ke-77 Digelar di Stadion Siliwangi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:48 WIB

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X