Disdik Jabar Usulkan Hadjarudin Jadi Tokoh Pendidikan, Guru Honorer yang Puluhan Tahun Mengabdi

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:44 WIB
Disdik Jabar Usulkan Hadjarudin Jadi Tokoh Pendidikan, Guru Honorer yang Puluhan Tahun Mengabdi  (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Disdik Jabar Usulkan Hadjarudin Jadi Tokoh Pendidikan, Guru Honorer yang Puluhan Tahun Mengabdi (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mengusulkan Hadjarudin Supiana (75) atau sering disapa Ki Hajar menjadi tokoh pendidikan ke Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Ki Hajar merupakan guru honorer di SD Negeri Babakan Sirna, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur

Menurut Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi, pihaknya telah mengusulkan agar Ki Hajar mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai tokoh pendidikan atas pengabdiannya lebih dari 50 tahun hingga kini diperbatasan dua daerah di Jabar tersebut.

"Pertama, pengabdian dia yang sudah hampir setengah abad. Terus kedua muncul tanpa pamrih. Ketiganya tantangan di era mengajar itu tidak mudah, tapi tantangan jarak lokasi untuk turun mencerdaskan anak-anak bangsa luar biasa perjuangannya," kata Dedi saat dihubungi, Minggu, 14 Agustus 2022.

Baca Juga: Pembongkaran Halte Terbengkalai di Kota Bandung Rampung, Telan Biaya Ratusan Juta

Ia mengaku hal itu menjadi alasan Disdik untuk mengusulkan Ki Hajar kepada Pemprov Jabar menjadi tokoh pendidikan. Hal itu dinilai wajar, mengingat perjuangan Ki Hajar yang memiliki peran dalam dunia pendidikan di Jabar dan sepatutnya diberikan apresiasi oleh pemerintah.

"Kita usulkan mendapatkan penghargaan. Wajarlah pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada sosok guru yang mengabdi tanpa pamrih," sahut Dedi.

Dedi Supandi, pihaknya telah mengusulkan agar Hadjarudin atau Ki Hajar mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai tokoh pendidikan (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

Diakui Dedi, pihaknya tentu tak berupaya sendiri dalam mewujudkan hal itu. Disdik Jabar menggandeng tim penilaian kinerja daerah yang terdapat bagian kepegawaian untuk menilai sosok Ki Hajar tersebut.

Baca Juga: Tolak Jabatan Komisaris dari Menteri BUMN Erick Thohir, Denny Siregar: Gak Ah Kang, Males Ngantor

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X