Pembongkaran Halte Terbengkalai di Kota Bandung Rampung, Telan Biaya Ratusan Juta

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:22 WIB
Pembongkaran Halte Terbengkalai di Kota Bandung Rampung, Telan Biaya Ratusan Juta (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Pembongkaran Halte Terbengkalai di Kota Bandung Rampung, Telan Biaya Ratusan Juta (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung membongkar 21 halte yang tersebar di berbagai titik. Pembongkaran ini dilakukan lantaran halte tersebut sebagian besar terbengkalai dan tidak dipergunakan sesuai fungsinya.

Kepala Bidang Prasarana Dishub Kota Bandung Panji Kharismadi menjelaskan,
21 Halte itu sudah selesai dibongkar. Terkait biaya pembongkaran, ujar Panji, menelan biaya sebesar Rp 190 juta, termasuk biaya pembangunan trotoar kembali pasca pembongkaran.

“Satu halte itu sekitar 10 jutaan, cuma penyerapan kondisinya berbeda-beda. Mungkin di halte ini biaya bongkar dan renovasinya lebih murah. Jadi tidak bisa disamaratakan, harga paving block juga beda-beda, tergantung haltenya,” ujar Panji Kharismadi saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Profil dan Biodata Denny Siregar Lengkap yang Tolak Jabatan Komisaris dari Menteri BUMN Erick Thohir

Ia menegaskan, pembongkaran halte tersebut dilakukan untuk mengembalikan fungsi trotoar akibat terhalang halte yang sudah terbengkalai dan beralih fungsi.

“Secara fungsi (halte yang dibongkar) sudah banyak berubah, ada yang jadi tempat tinggal PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), ada yang jadi tempat menyimpan sayur, ada yang dipakai jualan burung, dan ada yang karena rekayasa lalu lintas atau perubahan rute tidak dipakai,” jelasnya.

Dikatakan Panji, setelah dilakukan pembongkaran, kini tersisa 251 halte dari 272 halte yang ada di Kota Bandung. Pihaknya juga terus melakukan evaluasi, pasalnya, meski pembongkaran halte rampung dan ditargetkan pulih kembali sebagai trotoar di akhir Agustus, ada potensi untuk pembongkaran kembali.

Baca Juga: Tolak Jabatan Komisaris dari Menteri BUMN Erick Thohir, Denny Siregar: Gak Ah Kang, Males Ngantor

Evaluasi halte ini, mencakup penilaian oleh Sekretasris Daerah Kota Bandung. Sebab, halte merupakan barang milik daerah. Panji menuturkan, jika Sekda menyetujui pembongkaran halte, maka akan berlanjut ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset untuk menghitung nilai pembongkaran.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syukuran HUT TNI ke-77 Digelar di Stadion Siliwangi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:48 WIB

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X