Ridwan Kamil Ancam Pakai Konsep Citarum, Jika Limbah di Ciburuy KBB Tak Ditangani

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 19:53 WIB
Ridwan Kamil mengancam akan pakai konsep Citarum jika masih ada masyarakat atau industri membuang limbah ke perairan Situ Ciburuy, KBB. (Ayobandung.com/Restu Nugraha )
Ridwan Kamil mengancam akan pakai konsep Citarum jika masih ada masyarakat atau industri membuang limbah ke perairan Situ Ciburuy, KBB. (Ayobandung.com/Restu Nugraha )

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta tak ada lagi masyarakat atau industri yang membuang limbah ke perairan Situ Ciburuy, di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ridwan Kamil meminta Pemerintah Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, dan aparat TNI-POLRI membuat tim khusus untuk menindak tegas dan membuat konsep edukasi supaya tak membuang limbah rumah tangga maupun limbah industri ke Situ Ciburuy

"Saya masih dapat laporan pencemaran. Dinas Lingkungan Hidup, Kepolisian, dan TNI saya perintahkan untuk mendisiplinkan. Bikin tim serta konsep agar semua pihak disiplin. Misalnya buat soal sanitasi dan lainnya," kata Ridwan Kamil, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca Juga: Resmikan Situ Ciburuy di KBB, Ridwan Kamil: Jangan Ada Lagi yang Buang Limbah

Pria akrab disapa Kang Emil itu memberi waktu kepada instansi tersebut 3 bulan. Jika tak berhasil menuntaskan limbah, dirinya bakal menyiapkan cara tegas melalui jalur hukum atau menerapkan pendekatan seperti program Citarum Harum dengan menerjunkan TNI-POLRI. 

"Kalau 3 bulan tidak bisa, konsep Citarum akan dipraktikkan di sini. Polisi dan tentara di sini," ancam Ridwan Kamil

Diketahui, beberapa pekan terakhir, perairan Situ Ciburuy dilaporkan berubah hitam pekat dan bau menyengat akibat tercemaar berbagai limbah

Baca Juga: Buang Limbah ke Situ Ciburuy KBB, Lima Industri Diminta Perbaiki Pengolahan Limbah

Ratusan ikan sapu yang dinilai fauna paling tahan banting, ikut tumbang karena kondisi ini. Ribuan meter petak sawah tercemar. Bahkan, sumur-sumur warga jadi sumber penyakit gatal-gatal akibat menyerap air Situ Ciburuy.***

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Terjang Kota Cimahi, Arus Lalu Lintas Macet

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:39 WIB

Driver Ojol Menceburkan Diri ke Sungai Citarum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:22 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Gedung Sate Banjir

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:46 WIB

Diintimidasi, Petani Penggarap di Cianjur Melawan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:29 WIB
X