Ridwan Kamil Tunggu Kejelasan Dasar Hukum Untuk Bangun Kembali Bale Pinton

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 19:39 WIB
Ridwan Kamil menunggu kejelasan landasan hukum untuk membangun kembali Bale Pinton di kawasan Wisata Situ Ciburuy, Padalarang, KBB. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Ridwan Kamil menunggu kejelasan landasan hukum untuk membangun kembali Bale Pinton di kawasan Wisata Situ Ciburuy, Padalarang, KBB. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunggu kejelasan landasan hukum untuk membangun kembali Bale Pinton di kawasan Wisata Situ Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebelumnya, Bale Pinton sebagai ruang ekspresi seniman dan budayawan di Situ Ciburuy digusur proyek revitalisasi tanpa musyawarah dengan dengan masyarakat. Bangunan itu diratakan untuk disulap jadi lahan parkir, food court, dan tempat wisata selfi.

Ridwan Kamil bakal lebih dulu mendiskusikan pembangunan Bale Pinton dengan sejumlah pihak. Terutama membahas terkait legalitas lahan serta aspek hukumnya. 

Baca Juga: Resmikan Situ Ciburuy di KBB, Ridwan Kamil: Jangan Ada Lagi yang Buang Limbah

"Semuanya akan didiskusikan. Yang penting legalitas dulu jangan minta diperbaiki tapi ternyata dasar hukumnya tidak ada. Tanah nega harus kembali ke negara," kata Ridwan Kamil, Sabtu, 13 Agustus 2022.

"Contoh, dulu warga ber-warung di tanah negara, dirapihkan dulu warungnya, diperbaiki semuanya, lalu yang dagang kembali ke sana. Ini juga sama, nanti bisa diwujudkan kembali tapi harus jelas, kalau yang kelola siapa, kalau sewa ke siapa, kalau hibah seperti apa," terangnya. 

Diketahui, Ridwan Kamil telah meresmikan revitalisasi dan penataan Situ Ciburuy, pada Sabtu 13 Agustus 2022. Wajah Ciburuy telah selesai dipercantik dengan total anggaran sekitar Rp 32 miliar sejak tahun 2019. Proyek ini meliputi pengerukan sedimentasi, penataan gerbang, infrastruktur jalan dan bangunan food court. 

Baca Juga: Buang Limbah ke Situ Ciburuy KBB, Lima Industri Diminta Perbaiki Pengolahan Limbah

"Itu (Bale Pinton) akan diperbaiki. Nanti (penataan) ini bukan selesai, bale pinton dan apalagi silahkan, untuk kepentingan warga," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Jabar Dikky Achmad Sidik mengaku telah berkomunikasi dengan masyarakat dan pegiat seni di Ciburuy. Menurutnya, warga difasilitasi area pelataran situ untuk ruang latihan. 

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Terjang Kota Cimahi, Arus Lalu Lintas Macet

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:39 WIB

Driver Ojol Menceburkan Diri ke Sungai Citarum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:22 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Gedung Sate Banjir

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:46 WIB

Diintimidasi, Petani Penggarap di Cianjur Melawan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:29 WIB
X