Resmikan Situ Ciburuy di KBB, Ridwan Kamil: Jangan Ada Lagi yang Buang Limbah

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:47 WIB
Ridwan Kamil meresmikan revitalisasi dan penataan Situ Ciburuy, di Desa Ciburuy, Padalarang, KBB Sabtu, 13 Agustus 2022. Ini pesannya. (Ayobandung.com/Restu Nugraha )
Ridwan Kamil meresmikan revitalisasi dan penataan Situ Ciburuy, di Desa Ciburuy, Padalarang, KBB Sabtu, 13 Agustus 2022. Ini pesannya. (Ayobandung.com/Restu Nugraha )

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan revitalisasi dan penataan Situ Ciburuy, di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Sabtu,13 Agustus 2022.

Wajah Ciburuy telah selesai dipercantik dengan total anggaran sekitar Rp 32 miliar sejak tahun 2019. Proyek ini meliputi pengerukan sedimentasi, penataan gerbang, infrastruktur jalan dan bangunan food court. 

Ridwan Kamil mengatakan penataan Situ Ciburuy merupakan komitmen Pemprov Jawa Barat dalam mengelola air dengan cara memadukan fungsi sosial dan wisata.

Baca Juga: Buang Limbah ke Situ Ciburuy KBB, Lima Industri Diminta Perbaiki Pengolahan Limbah

"Penataan ini sebagai komitmen kita menata air dengan sosial. Jadi selain untuk irigasi, olahraga, juga untuk wisata agar warga Jabar bahagia," kata Ridwan Kamil

Pria akrab disapa Emil itu berharap setelah adanya penataan kawasan Ciburuy tidak ada warga atau pelaku industri yang membuang limbah ke Ciburuy. 

"Saya masih dapat laporan industri dan rumah buang kotoran ke Ciburuy. Mulai sekarang tidak boleh ada lagi," terang Ridwan Kamil

Baca Juga: 5 Industri Pembuang Limbah Ditutup, Situ Ciburuy KBB Tak Bau Lagi

Ridwan Kamil bahkan mengintruksikan pihak terkait untuk melakukan pengawasan. Apabila masih ada warga maupun industri yang nakal, Ridwan Kamil mengamcam akan menempuh jalur hukum.

"Saya beri peringatan kalau tiga bulan. Kalau masih nakal, dengan tegas konsep Citarum akan dipraktikan di sini. Di Citarum ada 60 yang sudah dihukum di pengadilan," tegas Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Terjang Kota Cimahi, Arus Lalu Lintas Macet

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:39 WIB

Driver Ojol Menceburkan Diri ke Sungai Citarum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:22 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Gedung Sate Banjir

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:46 WIB

Diintimidasi, Petani Penggarap di Cianjur Melawan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:29 WIB
X