Turunkan Kabel di Jalan Cikapayang, Pemkot Bandung Targetkan 2023 Ruas Jalan Utama Bebas Kabel Udara

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:52 WIB
Pemkot Bandung menargetkan 2023 ruas jalan utama bebas kabel udara sehingga kembali dilakukannya penurunan kabel di Jalan Cikapayang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra )
Pemkot Bandung menargetkan 2023 ruas jalan utama bebas kabel udara sehingga kembali dilakukannya penurunan kabel di Jalan Cikapayang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra )

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali membenahi kabel optik di ruas-ruas jalan utama. Setelah sebelumnya melakukan penurunan kabel di sepanjang Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), hari ini, Jumat, 12 Agustus 2022 penurunan kabel udara kembali dilakukan di Jalan Cikapayang

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, pemotongan kabel ini merupakan ikhtiar untuk membersihkan kabel udara di Kota Bandung. Ia mencontohkan, semua kabel optik ruas Jalan Dago sudah ditanam (ducting), sehingga lebih rapi dan aman.

"Sampai saat ini ada 13 ruas. Termasuk nanti yang lain juga akan dilakukan oleh BUMD Kota Bandung yang di luar 13 ini. Mudah-mudahan ini semakin mempercepat proses penyelesaian 'ducting' dan penurunan kabel-kabel di Kota Bandung," jelas Yana di lokasi. 

Baca Juga: Tumpukan Kabel Telkom Terbakar di Cianjur, Diduga akibat Ulah Bocah

Yana menjelaskan tentang kabel listrik milik PLN yang masih terlihat ada di bagian atas. Menurutnya, setelah bertemu dengan direksi dan mendapat pandangan bahwa penurunan kabel PLN memiliki resiko penurunan lebih besar dibanding kabel optik. 

"Risikonya lebih tinggi, sehingga perlu kehati-hatian. Selain itu, karena tidak teranggarkan tahun ini, mereka harus menganggarkan dulu untuk semua prosesnya," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana menuturkan, ruas Jalan Dago merupakan salah satu sampel ducting yang digarap Diskominfo.

Baca Juga: Komplotan Pencuri Kabel PJU Beraksi, Keselamatan Warga Terancam

"Sisanya baik yang 12 ruas maupun yang di luar 12 ruas itu Pak Wali Kota sudah menyerahkan kepada Bandung Infra Investama (BII)," jelas Yayan.

Ia mengatakan, Wali Kota Bandung telah menginstruksikan agar ducting di 12 ruas jalan bisa diselesaikan tahun ini. Sedangkan untuk ducting di luar 12 ruas tersebut, BII tengah melakukan lelang.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB
X