Hindari Konflik Tanah, Disdik Bandung Barat Akan Data Aset Lahan Sekolah Bermasalah

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:10 WIB
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal melakukan pendataan seluruh lahan sekolah yang masih bermasalah. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal melakukan pendataan seluruh lahan sekolah yang masih bermasalah. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal melakukan pendataan seluruh lahan sekolah yang masih bermasalah.

Hal tersebut dilakukan untuk mencari solusi secara menyeluruh terkait aset kepemilikan instansi pendidikan. Pasalnya, jika dibiarkan tak diurus akan berpotensi konflik di kemudian hari.

Kepala Bidang sekolah dasar (SD) Disdik KBB, Dadang Supardan menjelaskan ratusan sekolah di KBB berdiri di atas berbagai macam kepemilikan lahan. Mulai dari milik Pemda KBB, perusahaan BUMN, tanah carik desa, hingga kepemilikan perseorangan.

"Tadi sudah ngobrol dengan anggota dewan. Kita akan menginventarisasi lahan sekolah-sekolah. Mana yang berdiri di atas lahan Pemda, mana di atas tanah milik desa, dan mana sekolah yang berada di atas tanah milik orang lain. Termasuk di lahan milik PT KAI, TNI, hingga Perkebunan," jelas Dadang, Kamis, 11 Agustus 2022.

Sebelumnya, konflik lahan terjadi di SDN Bunisari, Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, disegel ahli waris dengan cara mengelas besi gerbang masuk sekolah.

Baca Juga: Karakteristik Guru Bahasa Indonesia yang Ideal pada Pengimplementasian Kurikulum Merdeka

Ahli waris bersikukuh mengklaim kepemilikan tanah seluas 700 meter persegi yang ditempati 9 ruang kelas SDN Bunisari meliputi kelas 1 (A, B, C), kelas 2 (A, B, C), dan kelas 4 (A, B, C).

"Setelah di data, nanti akan dilihat tanah mana yang paling memicu permasalahan konflik lahan. Hasilnya kita akan komunikasikan dengan DPKAD. Ini akan kita selesaikan secara bertahap dan berdasarkan ketentuan yang berlaku," terang Dadang.

Baca Juga: Ahli Waris Ungkap Alasan Pasang Segel Teralis Besi di SDN Bunisari KBB

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X