65.000 Nakes dan Non Nakes di Jabar Nasibanya Tak Jelas, Minta Pemerintah Angkat jadi PPPK

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:17 WIB
Forum Komunikasi Honorer Fasyankes tuntut nakes dan non nakes di Jabar diangkat PPPK di Gedung Sate Selasa 9 Agustus 2022 (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
Forum Komunikasi Honorer Fasyankes tuntut nakes dan non nakes di Jabar diangkat PPPK di Gedung Sate Selasa 9 Agustus 2022 (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM — Forum Komunikasi Honorer Fasyankes (FKHF) Jawa Barat (Jabar) meminta sebanyak 65.000 tenaga kesehatan (nakes) dan non nakes yang bekerja di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) baik itu di rumah sakit maupun puskesmas milik pemerintah, diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Wakil Ketua FKHF Jabar, Saeful Anwar mengungkapkan, kondisi honorer nakes dan non nakes di Jabar belum jelas nasibnya, terlebih berbenturan dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018.

Menurutnya, Pasal 99 ayat 1 dalam PP itu disebutkan bahwa tidak diperkenankan ada pegawai non ASN (honorer) di dalam institusi Pemerintah Daerah.

Baca Juga: 128.000 Nakes di Jabar Akan Disuntik Vaksin Booster Kedua

Sedangkan, puskesmas dan RSUD di Jabar kini banyak yang berstatus BLUD atau Badan Layanan Umum Daerah, dengan rata-rata 70-75 persen nakes yang bekerja di fasyankes milik pemerintah berstatus honorer, non ASN dan bukan PPPK.

"Kami pun ingin memperbaiki nasib tidak hanya sekedar non ASN atau sekadar honorer. Tetapi PPPK," kata Saeful ketika ditemui di Gedung Sate, Selasa, 9 Agustus 2022.

Namun, Saeful menyebut, apabila PP tersebut merupakan solusi Pemerintah Pusat dalam pengangkatan honorer nakes dan non nakes menjadi PPPK dengan anggaran pusat, maka itulah yang pihaknya tunggu selama ini.

Sebab menurutnya, hingga saat ini belum ada solusi konkret dari PP itu yang mengancam nakes dan non nakes.

Baca Juga: Nakes Laksanakan Vaksinasi Dosis Keempat, Jadwal Masyarakat Umum Kapan?

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Terjang Kota Cimahi, Arus Lalu Lintas Macet

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:39 WIB

Driver Ojol Menceburkan Diri ke Sungai Citarum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:22 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Gedung Sate Banjir

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:46 WIB

Diintimidasi, Petani Penggarap di Cianjur Melawan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:29 WIB
X