Potret Miris SMP PGRI 6 Kota Bandung, Siswanya Sedikit dan Menumpang di Kelas Sempit

- Senin, 8 Agustus 2022 | 17:33 WIB
Memanfaatkan ruang bekas perpustakaan dan musala, SMP PGRI 6 Kota Bandung terpaksa harus menumpang  di kelas sempit milik SDN 205 Neglasari. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Memanfaatkan ruang bekas perpustakaan dan musala, SMP PGRI 6 Kota Bandung terpaksa harus menumpang di kelas sempit milik SDN 205 Neglasari. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Menjulang tingginya gedung perkantoran dan berbagai lokasi wisata yang ditata sedemikian rupa menjadi pemandangan umum di Kota Bandung hari ini.

Di tengah segala kemajuan teknologi dan tempat wisata yang sedemikian 'estetik', Kota Bandung masih menyisakan potret miris di bidang pendidikan.

Hal itu dibuktikan dengan adanya salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terpaksa berdiri dengan menumpang di bangunan SDN 205 Neglasari.

Memanfaatkan ruang bekas perpustakaan dan musala, SMP PGRI 6 Kota Bandung terpaksa harus menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) di tengah sempitnya ruangan yang tersedia.

Dengan total 32 siswa dari 3 rombongan belajar yang ada di SMP PGRI 6 Kota Bandung, puluhan siswa tersebut terpaksa harus belajar ditengah sempitnya kelas yang ada.

Bagaimana tidak, ketiga rombel di sekolah tersebut harus berbagi ruangan 13x11 meter persegi yang dibagi menjadi 3 ruangan.

Dua ruang yang tadinya bekas perpustakaan dan musala tersebut disulap supaya menjadi 3 kelas.

Satu ruangan berukuran sekitar 6X5 meter untuk kelas 7; kemudian ruangan berukuran 3X5 untuk kelas 8; dan terakhir ruangan 2X3 meter untuk kelas 9 dengan kondisi akses jalan yang harus melewati ruang kelas lain sebelum memasuki ruang kelas yang dituju.

Yang memilukan, ruangan untuk kelas 9 berhadapan langsung dengan toilet. Begitu juga ruangan untuk kelas 8 yang berdampingan dengan ruangan guru tanpa ada sekat penutup apapun.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syukuran HUT TNI ke-77 Digelar di Stadion Siliwangi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:48 WIB

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X