Kurangi Pencemaran Sungai Citarum, Pupuk Kujang Ajak Peternak Olah Kotoran dan Tanam Pohon

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:00 WIB
Limbah kotoran ternak menjadi salah satu sumber pencemaran Sungai Citarum. Pupuk kujang ajak masyarakat peternak sapi di Pangalengan olah kotoran menjadi pupuk organik. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Limbah kotoran ternak menjadi salah satu sumber pencemaran Sungai Citarum. Pupuk kujang ajak masyarakat peternak sapi di Pangalengan olah kotoran menjadi pupuk organik. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

PANGALENGAN, AYOBANDUNG.COM -- Limbah kotoran ternak menjadi salah satu sumber pencemaran Sungai Citarum. Pupuk kujang ajak masyarakat peternak sapi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, olah kotoran menjadi pupuk organik.

VP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Kujang, Agung Gustiawan, mengatakan berdasarkan data Satgas Citarum Harum, baseline tahun 2019, beban pencemaran BOD dari ternak sapi di 3 kabupaten prioritas adalah sebesar 3.098,24 kg BOD perhari.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban citarum dari pencemaran limbah kotoran hewan, adalah mengubah kotoran ternak menjadi bahan baku pupuk organik.

"Dengan mengubah menjadi pupuk organik, akan juga memberi nilai tambah bagi peternak sapi di hulu Citarum," ujar Agung, Jumat, 5 Agustus 2022.

Pupuk Kujang sendiri telah memberikan bantuan Alat Pencacah Pupuk Organik (APPO) kepada sejumlah peternak sapi di Bandung Selatan yakni Kecamatan Pangalengan yang menjadi hulu Sungai Citarum.

Alat tersebut, akan memudahkan peternak mengolah kotoran hewan.

"Program ini jadi salahsatu upaya perusahaan berkontribusi di bidang penyelamatan lingkungan. Mudah-mudahan program ini bisa menanggulangi limbah kotoran ternak di sungai dan membuat sungai lebih sehat, dan tidak ada energi yang terbuang percuma,” katanya.

Baca Juga: Ada Murid SD Belajar di Kursi dan Meja Rusak di Cianjur, Bagong Mogok Bereaksi

Pihaknya juga memberikan bimbingan teknis kepada peternak sapi untuk menanam jagung yang bisa menjadi sumber pakan ternak.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Majelis Hakim Tolak Eksepsi Doni Salamanan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Keseruan Lansia di Ciparay Ikuti Lomba Agustusan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:49 WIB

Sidang Doni Salmanan Digeber Sepekan 2 Kali

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:47 WIB

Kuasa Hukum Doni Salmanan Tantang JPU

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:18 WIB
X