Cegah Penyakit Rabies dari Hewan Peliharaan, Dispernakan KBB Siapkan 2.000 Dosis Vaksin  

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:19 WIB
Ilustrasi | Cegah penyakit rabies akibat gigitan hewan peliharaan,  Dispernakan KBB menyiapkan 2.000 dosis vaksin pada September 2022 mendatang. (Pixabay/Meli1670)
Ilustrasi | Cegah penyakit rabies akibat gigitan hewan peliharaan, Dispernakan KBB menyiapkan 2.000 dosis vaksin pada September 2022 mendatang. (Pixabay/Meli1670)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Cegah penyakit rabies akibat gigitan hewan peliharaan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan 2.000 dosis vaksin pada September 2022 mendatang.

Sejumlah hewan peliharaan bakal menjadi target sasaran vaksin rabies. Mulai dari anjing, kucing, hamster, dan sebagainya. Pemberian vaksin ini diberikan secara cuma-cuma.

"Bulan September ini kita setiap tahun beri vaksinasi rabies kepada hewan pembawa rabies (HPR). Total ada 2.000 dosis," kata Kabid Kesehatan Hewan pada Dispernakan KBB, Wiwin Apriani, Jumat, 5 Agustus 2022.

Ia menyebutkan vaksinasi rabies pada September nanti gratis. Diharapkan melalui kegiatan vaksinasi ini bisa mempertahankan bol kasus rabies di KBB.

"Kasus terakhir pada 2019, seorang warga Cipongkor terkena gigitan anjing yang terserang rabies. Karena tidak segera ditangani orang itu meninggal," ungkapnya.

Pada tahun ini ada tujuh kasus gigitan hewan peliharaan, namun semuanya negatif rabies.

"Salah satu metode untuk mencegah tertular rabies adalah dengan vaksinasi. Jadi, kalaupun terkena gigitan kecil kemungkinan terkena rabies," tandasnya.

Baca Juga: Ratusan Tenaga Honorer Kesehatan KBB Ikut Demo di Gedung Sate, Ini Tuntutannya

Rabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama lyssavirus. Virus rabies dapat menular ke semua mamalia, termasuk manusia. Virus ini menyerang sistem saraf dan bisa menjalar sampai ke otak.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Dandim Diduga Dibunuh Pemilik Toko di Lembang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X