Bawaslu Bandung Barat Siap Bentuk Sentra Gakkumdu

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:21 WIB
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap membentuk Sentra Penegakkan Hukum Terpadu atau Gakkumdu untuk menjalankan fungsi pengawasan dalam tahapan Pemilu Serentak 2024 (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap membentuk Sentra Penegakkan Hukum Terpadu atau Gakkumdu untuk menjalankan fungsi pengawasan dalam tahapan Pemilu Serentak 2024 (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap membentuk Sentra Penegakkan Hukum Terpadu atau Gakkumdu untuk menjalankan fungsi pengawasan dalam tahapan Pemilu Serentak 2024.

Bawaslu telah melakukan komunikasi intens dengan aparat penegak hukum yakni kepolisian dan kejaksaan. Termasuk meminta perwakilan personel yang bakal ditempatkan Sentra Gakkumdu.

"Kami sudah komunikasi dengan temen-temen kejaksaan dan kepolisian termasuk meminta personel dari mereka. Hasilnya nanti kita akan kirim ke Bawaslu RI untuk ditindaklanjuti langkah selanjutnya," kata Ketua Bawaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha, Jumat 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Jelang Agustusan, Pemda KBB Pastikan Beri Penghargaan para Veteran

Pembentukan Sentra Gakkumdu bakal dilakukan tahun ini, tapi Bawaslu belum memastikan bulan apa instrumen ini terbentuk. Pasalnya, masih menunggu arah dari Bawaslu RI serta dukungan anggaran.

"Kita belum bisa pastikan, tapi yang jelas tahun ini. Untuk saat ini kita masih terkendala anggaran. Karena dana Pemilu sampai sekarang belum dicairkan. Padahal kita sudah melakukan running beberapa langkah pengawasan, rencana Sentra Gakkumdu, serta rekrutmen panwascam," tambahnya.

Baca Juga: Formasi PPPK Non Guru 2022 Bisa untuk Pelamar Lulusan SMA? Baca Penjelasannya Di Sini!

Bawaslu Bandung Barat telah mengusulkan kebutuhan anggaran selama Pemilu Serentak 2024 sebesar Rp 23 miliar. Rencananya, anggaran tersebut bakal digunakan untuk berbagai kebutuhan terkait operasional Bawaslu seperti honorarium. Termasuk, kebutuhan bagi pengadaan barang dan jasa untuk Pemilukada.

"Kita berharap anggaran bisa segera dicairkan. Karena ada banyak persiapan yang membutuhkan dana. Termasuk langkah-langkah pengawasan telah dilakukan sejak saat ini mengingat tahapan sudah dimulai," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X